Siswa SLTP Sijunjung belajar pidato adat, wujudkan rasa cinta daerah

id pidato adat sijunjung

Siswa SLTP Sijunjung belajar pidato adat, wujudkan rasa cinta daerah

Seorang pemateri sedang mengajarkan cara berpidato adat Minangkabau (ist)

Muaro (Antaranews Sumbar) - Sedikitnya 50 siswa dari berbagai sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP) di Kabupaten Sijunjung mengikuti bimbingan teknis pidato adat yang bertemakan Pasambahan Manjapuik Marapulai.

Kegiatan Bimtek pidato pasambahan adat ini berlangsung sejak 20-22 Maret 2018, yang melibatkan narasumber meliputi Rusli Jawaher Dt. Malintang Bumi dari LKAM Lubuak Tarok, Musdah Dahrizal (Katik) dari Budayawan Provinsi Sumatera Barat dan Zulkani Alfian,S.Sn dari Budayawan Kabupaten Sijunjung.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggali dan melestarikan seni dan budaya daerah yang merupakan aset kebudayaan Nasional, serta menumbuhkan kecintaan generasi muda dalam mencintai adat dan budaya Minang khususnya bagi pelajar tingkat SLTP Kabupaten Sijunjung.

Kegiatan ini merupakan sebagai wahana bagi siswa untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran seni dan budaya kreatifitas. Untuk itu Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sijunjung memandang perlu memprogramkan kegiatan bimtek pidato adat Minangkabau.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sijunjung yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Yusnidar Yelly, menyampaikan bahwa kegiatan ini perlu ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya.

Melalui kegiatan Bimtek yang dilaksanakan, hendaknya semakin menambah wawasan dan minat bagi generasi muda untuk belajar, memahami adat dan kebudayaan daerah.

"Saya berharap dengan Bimtek ini memacu diri kita berlatih dengan keras demi mencapai hasil yang maksimal sehingga peringkat Kabupaten Sijunjung khususnya bidang seni dan kebudayan dapat naik dari tahun – tahun sebelumnya," harap Yusnidar.***