Pemkot Pariaman dorong UMKM manfaatkan bantuan modal dari Semen Padang

id Gusniyetti Zaunit

Pemkot Pariaman dorong UMKM manfaatkan bantuan modal dari Semen Padang

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pariaman, Gusniyetti Zaunit memperlihatkan berkas permohonan pengembangan usaha dari PT Semen Padang. (Antara Sumbar/Muhammad Zulfikar)

Sudah ada 25 pelaku UMKM yang mengajukan permohonan bantuan baik melalui pemerintah Kota Pariaman maupun langsung ke PT Semen Padang
Pariaman, (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah itu agar memanfaatkan bantuan pengembangan usaha yang disediakan oleh PT Semen Padang sebesar Rp9 miliar pada 2018.

"Sudah ada 25 pelaku UMKM yang mengajukan permohonan bantuan baik melalui pemerintah Kota Pariaman maupun langsung ke PT Semen Padang," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Pariaman, Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Rabu.

Ia menjelaskan bantuan usaha dari PT Semen Padang tersebut disediakan bagi semua pelaku usaha yang ada di Sumbar.

"Karena semua pelaku UMKM di Sumatera Barat berpeluang mendapatkannya, maka harus cepat dalam menangkap peluang tersebut," katanya.

Bagi pedagang yang ingin memperoleh bantuan tersebut ujar dia, bisa langsung mengajukan permohonan ke PT Semen Padang maupun ke Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Pariaman.

Khusus UMKM yang mengajukan permohonan ke Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Pariaman akan dibantu langsung membuat dan menyusun proposal pengembangan usahanya.

Pelaku UMKM bisa memperoleh biaya pengembangan usaha minimal Rp10 juta, dan paling banyak Rp25 juta bagi yang memenuhi syarat.

"Bunga cicilan untuk bantuan ini tergolong rendah hanya tiga persen, jauh lebih murah dari bunga Kredit Usaha Rakyat yang mencapai tujuh persen," ujarnya.

Pada 2016 ujar dia, total Rp425 juta telah dibantu oleh PT Semen Padang untuk pengembangan usaha 15 pedagang di Kota Pariaman. Sedangkan pada 2017 dikucurkan Rp680 juta untuk 43 pelaku usaha.

Selain dari PT Semen Padang, bantuan untuk pengembangan usaha juga diberikan oleh pihak Telkom, Jasa Raharja, Angkasa Pura dan Bank Nasional Indonesia (BNI). (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar