Gelar Musrembang dua hari, guna perencanaan pembanguna berkualitas

id musrenbang

Gelar Musrembang dua hari, guna perencanaan pembanguna berkualitas

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin membuka acara musrenbang di Gedung Pancasila, Muaro. (ist)

Terlaksananya Musrenbang Kabupaten dapat meningkatkan komunikasi partisipatif antara pemerintah dan masyarakat senantiasa terwujud dengan efektif agar pembangunan di daerah kita berjalan sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran
Muaro (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui Badan Perencana Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) selama dua hari, guna mewujudkan perencanaan yang berkualitas.

Kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun, penyelenggaraan Musrenbang merupakan salah satu tugas Pemerintah Daerah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, dan akan belangsung pada 20-21 Maret 2018 di Gedung Pancasila Muaro.

Turut hadir Bupati dan Wakil Bupati Sijunjung, Ketua dan para anggota DPRD Sijunjung, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Muaro, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, Kepala Bappeda Provinsi Sumbar, Rektor Unand Padang, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten, Bundo Kanduang, Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian dilingkungan setdakab, Camat, Wali Nagari se-Kabupaten serta Kaur Pembangunan nagari, Ketua LPM dan Undangan lainnya.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan dengan terlaksananya Musrenbang Kabupaten dapat meningkatkan komunikasi partisipatif antara pemerintah dan masyarakat senantiasa terwujud dengan efektif agar pembangunan di daerah kita berjalan sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran.

Karena pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi.

Musrenbang memerlukan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dimulai dari tahap menentukan mana yang akan dituju dan apa yang akan dihasilkan, yang biasanya disebut dengan tahap rumusan kebijakan dan rencana.

Selanjutnya diikuti dengan partisipasi pada tahap menentukan cara untuk mencapai tujuan dan mempertaruhkan sumber daya agar tujuan dapat tercapai.

"Sehingga pada akhirnya partisipasi akan sampai pada tahap mencapai kesamaan pandangan tentang bagaimana memantau dan menilai hasilnya" ujar Bupati.

Kepala Badan Perencana Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabuapeten Sijunjung Febrizal Ansori, mengatakan tujuan pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk membahas, menilai dan menyepakati hasil forum gabungan OPD untuk menjadi prioritas kegiatan pembangunan kabupaten.
Bupati Sijunjung Yuswir Arifin membuka acara musrenbang di Gedung Pancasila, Muaro. (ist)


Selain itu, guna mewujudkan perencanaan pembangunan yang berkualitas dengan lebih meningkatkan kemampuan, mengakomodir aspirasi masyarakat dan mendayagunakan potensi sumber daya daerah yang ada.

Dengan adanya Musrenbang, sasaran yang ingin dicapai adalah tersusunnya daftar prioritas kegiatan pembangunan OPD berdasarkan sumber pembiayaan (APBD kab, APBD Provinsi, APBN dan Sumber dana lainnya) untuk tahun 2019 dan tersusunnya Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2019.

"Pada diskusi nantinya narasumber adalah Rektor Unand Padang, Kepala Bapppeda Kabupaten Sijunjung dengan topik arah kebijakan dan prioritas pembangunan tahun 2019 dan Kepala BKAD Kabupaten Sijunjung dengan topik arah dan kebijakan keuangan daerah tahun 2019," ungkapnya.*