Tiga langkah disiapkan Polda Sumbar dalam mengatasi kemacetan pasar Koto Baru

id Macet Pasar Koto Baru,Polda Sumbar

Tiga langkah disiapkan Polda Sumbar dalam mengatasi kemacetan pasar Koto Baru

Wadirlantas Polda Sumbar, AKBP M Hari Mulyanto. (ANTARA SUMBAR/ Ira Febrianti)

Ada tiga langkah yang sudah disiapkan dan merupakan upaya jangka pendek
Koto Baru, Tanah Datar, (Antaranews Sumbar) - Wakil Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Sumbar), AKBP M Hari Mulyanto mengatakan pihaknya telah menyiapkan solusi dalam mengurangi kemacetan di Pasar Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar.

"Ada tiga langkah yang sudah disiapkan dan merupakan upaya jangka pendek," katanya saat meninjau lalu lintas di pasar yang posisinya berada di ruas Jalan Lintas Sumatera itu, Senin.

Ia menerangkan untuk mencegah kendaraan roda dua parkir sembarangan di bagian area pasar, dilakukan dengan menaruh kerucut lalu lintas atau "traffic cone" dan langkah tersebut sudah berjalan baik.

Selanjutnya pihaknya memasang pembatas jalan (road barrier) di pinggir jalan agar aktivitas pasar tidak sampai terjadi ke bahu jalan.

Langkah ini, sebutnya belum berjalan sesuai rencana karena setelah di pasang pada Minggu(18/3) malam, pada Senin(19/3) sekitar pukul 03.00 WIB pembatas jalan tersebut sudah didorong hingga memakan bahu jalan.

"Langkah ini besok kami coba lagi. Perlu ada yang jaga dan kami harus kerja sama dengan instansi di daerah yang berwenang seperti dari Dinas Perhubungan, Satpol PP dan Dinas Pasar," ujarnya.

Langkah terakhir, katanya melanjutkan yaitu pengerasan jalan menuju dan di lokasi parkir kendaraan agar pemilik kendaraan bersedia parkir sesuai lokasi yang ditetapkan sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas.

"Semalam bersama Bina Marga akan dicor, namun karena hujan deras, batal. Pemilik lahan sudah bersedia menyediakan tanahnya sebagai titik parkir, dalam waktu dekat dilakukan pengecoran," jelasnya.

Ia menilai langkah yang telah disiapkan itu masih membutuhkan waktu agar dapat berjalan sesuai dengan rencana. Karena itu pengguna jalan sementara ini diharapkan tetap bersabar.

"Langkah-langkah itu adalah solusi jangka pendek. Sementara untuk solusi jangka panjang, perlu perluasan pasar dan ini bergantung bagaimana keputusan dari pemkab dan pemrov," katanya.

Sebelumnya, Bupati Tanah Datar, Irdinansyah Tarmizi mengatakan ada tiga opsi mengatasi kemacetan yang telah menjadi langganan di Pasar Koto Baru, terutama setiap hari Senin.

Tiga opsi yang tengah dipersiapkan itu adalah penanganan jangka pendek, jangka menengah serta jangka panjang.

Pada opsi-opsi tersebut terdapat langkah memerlukan kerja sama antarinstansi untuk mengawasi langsung, pemindahan area parkir ke bagian belakang pasar dan pembangunan jalur alternatif.

Video Ira Febrianti:

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar