Polisi berlakukan jalan satu arah di Koto Baru hindari kemacetan

id Pasar Koto Baru,Jalan Padang-Bukittinggi,Jalan Macet

Ratusan kendaraan terjebak macet saat melintas Pasar Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar, Senin (1/1). (ANTARA SUMBAR/Muhammad Fitrah/18) (ANTARA SUMBAR/Muhammad Fitrah/18/)

Padang Panjang (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang Panjang, Sumatera Barat memberlakukan rekayasa lalu lintas jalan satu arah di Pasar Koto Baru, Kabupaten Tanah Datar untuk menghindari terhambatnya arus kendaraan akibat aktivitas pasar.

"Sejak pagi tadi terlihat jelas peningkatan volume kendaraan sehingga kami berlakukan jalan di Pasar Koto Baru searah untuk kendaraan dari Bukittinggi menuju Padang," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang Iptu B Mendrofa di Koto Baru, Kecamatan X Koto, Senin.

Senin merupakan hari pasar di Pasar Koto Baru yang berada tepat di sisi ruas Jalan Lintas Sumatera dan hari ini juga diprediksi sebagai puncak arus mudik Lebaran 1440 Hijriah.

Dalam pemberlakuan satu jalur, polisi telah memasang papan informasi di Simpang Pandai Sikek agar kendaraan dari arah Padang menuju Bukittinggi belok kiri masuk ke simpang tersebut.

Kendaraan yang masuk di Simpang Pandai Sikek akan keluar di Simpang Haji Miskin. Arus lalu lintas di jalan alternatif tersebut terpantau ramai lancar.

Sementara di Pasar Koto Baru personel kepolisian mengatur agar aktivitas jual beli dan bongkar muat barang tidak sampai masuk ke badan jalan.

Pedagang dan pembeli juga diarahkan agar tidak parkir sembarangan di pinggir jalan sehingga menghambat lalu lintas.

Kasat Lantas mengimbau agar para pengendara mematuhi aturan berlalu lintas untuk kenyamanan sendiri dan pengendara lain dalam perjalanan mudik.

"Kami juga ingatkan agar hati-hati berkendara karena kondisi cuaca siang ini gerimis. Jika mulai terasa lelah istirahatlah sejenak memanfaatkan 'rest area'," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar