Moeldoko dijadwalkan beri orasi ilmiah di UNP

id Moeldoko

Moeldoko dijadwalkan beri orasi ilmiah di UNP

Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Jenderal TNI (purn) Moeldoko.

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kepala Staf Kepresidenan Indonesia Jenderal TNI (purn) Moeldoko dijadwalkan memberikan orasi ilmiah di hadapan ribuan wisudawan Universitas Negeri Padang (UNP) pada Jumat (16/3).

"Besok adalah wisuda ke-110 UNP, ada 2.802 mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikan mereka baik tingkat diploma, sarjana, magister maupun doktoral," kata Rektor UNP Prof Ganefri di Padang, Kamis.

UNP mengundang Jenderal (Purn) Moeldoko untuk memberikan wawasan kepada para wisudawan dengan tema "Peran Perguruan Tinggi Dalam Merajut Persatuan dan Kesatuan".

Ia mengatakan Moeldoko merupakan salah seorang pemikir bangsa yang terus berupaya memperkokoh rasa kesatuan dan persatuan bangsa di tengah maraknya isu hoaks.

"Tentunya kehadirannya dapat menyejukkan bagi lulusan, para orang tua dan masyarakat sekitar," kata dia.

Ia mengatakan kegiatan wisuda akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut yakni pada Jumat, Sabtu dan Minggu.

Pada Jumat pihaknya akan mewisuda lulusan pascasarjana dan fakultas Ilmu Pendidikan setelah orasi ilmiah oleh Kepala Staf Presiden RI Jenderal (Purn) Moeldoko.

Selanjutnya pada Sabtu akan dilakukan wisuda terhadap mahasiswa dari fakultas lainnya disertai orasi ilmiah oleh Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias.

Minggu, UNP akan mewisuda mahasiswa dari fakultas selanjutnya serta orasi ilmiah oleh Bupati Sijunjung Yuswir Arifin.

"Pada hari itu juga ada penandatanganan nota kesepahaman antara UNP dengan Pemkab Sijunjung terkait peningkatan tenaga pendidik dan pengajar di daerah itu," kata dia.

Prof Ganefri mengatakan dirinya berpesan kepada para lulusan tentang strategi UNP dalam revolusi tahap keempat atau Revolusi 4.0 yang ditandai dengan kemunculan komputer super, interaksi manusia dengan robot pintar, kendaraan tanpa awak, rekayasa genetika.

Bahkan berkembangnya neuroscience dan neuro technology yang memungkinkan manusia lebih mengoptimalkan fungsi otak mereka.

"Kita ingatkan calon agar terus memperbarui keilmuan mereka dalam mengahadapi era globalisasi dan pertumbuhan teknologi informasi yang semakin cepat," kata dia.