Di Shenzhen China gerbong perempuan tersedia di semua kereta komuter

id kereta

kereta (pixabay.com)

Tanda berwarna merah muda dan bertuliskan "Gerbong Prioritas untuk Perempuan" telah dipasang di gerbang-gerbang perisai serta di dalam gerbong
Shenzhen, (Antaranews Sumbar) - Di daerah Shenzhen, Provinsi Guandong, China Selatan, Kamis, bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional sudah ada gerbong-gerbong prioritas bagi perempuan yang tersedia di semua jalur kereta komuter pada empat jalur baru.

Menurut Shenzhen Metro Group, gerbong pertama dan terakhir pada rangkaian kereta jalur 2, 7, 9 dan 11 sekarang diprioritaskan untuk perempuan.

Gerbong serupa sebelumnya sudah tersedia di kereta jalur 1, 3, 4, dan 5 sejak 26 Juni, 2017.

Tanda berwarna merah muda dan bertuliskan "Gerbong Prioritas untuk Perempuan" telah dipasang di gerbang-gerbang perisai serta di dalam gerbong. Pengumuman ditulis dalam bahasa Mandarin, Kanton dan Inggris.

Gerbong khusus perempuan disediakan dengan tujuan agar para perempuan merasa lebih nyaman, terutama saat kereta dalam keadaan sangat penuh dengan penumpang.

Walaupun gerbong itu dikhususkan untuk perempuan, tidak ada petugas kereta yang mengharuskannya. Jika ada perempuan yang perlu didampingi oleh penumpang laki-laki karena sakit atau memiliki kondisi khusus, mereka boleh duduk berdampingan di dalam gerbong itu, menurut Shenzhen Metro Group. Izin yang sama diberikan bagi perempuan yang naik kereta bersama seorang pria lanjut usia atau anak-anak.

Di Guangzhou, ibu kota Guangdong, percobaan pemberlakukan gerbong khusus perempuan dimulai pada Juni 2017. Satu gerbong dalam setiap rangkaian kereta Jalur 1 disediakan untuk para perempuan saat jam sibuk pada hari-hari kerja.
Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar