Wapres Jusuf Kalla letakan batu pertama pembangunan Klinik "IIC" di ibukota Afganistan, Kabul

id jusuf kalla

Wapres Jusuf Kalla letakan batu pertama pembangunan Klinik "IIC" di ibukota Afganistan, Kabul

Wapres Jusuf Kalla. (ANTARA FOTO)

Dalam komplek IIC tersebut selain Masjid, akan dikembangkan klinik dan juga perpustakaan
Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla meletakan batu pertama pembangunan klinik kesehatan "Indonesia Islamic Center" (IIC), di ibukota Afganistan, Kabul, Rabu.

Dengan memakai penutup kepala khas Afghanistan dan memakai jas hitam, Wapres Jusuf Kalla, mengemukakan di kompleks IIC terdapat Masjid Assalam. Sebagai tempat ibadah juga menjadi tempat persahabatan, demikian keterangan video yang diperoleh, Rabu.

Dalam komplek IIC tersebut selain Masjid, akan dikembangkan klinik dan juga perpustakaan, lanjut Wakil Presiden.

Klinik kesehatan IIC yang dibangun tersebut nantinya dihibahkan kepada Pemerintah Afghanistan sesuai Grant Agreement antara Menlu Retno LP Marsudi dan Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani pada 6 November 2016 di Kabul, Afghanistan.

Pembangunan klinik kesehatan di Komplek IIC nantinya dapat dimanfaatkan sebagai layanan kesehatan di kawasan Ahmad Shah Baba Mina, sehingga semakin memperluas jangkauan layanan kesehatan bagi masyarakat sekitar sekaligus mengakomodasi perdamaian dan rekosiliasi, demikian dikutip dalam laman Kementerian Luar Negeri.

Usai peletakan batu pertama, Wakil Presiden menyempatkan diri melaksanakan sholat sunah di Masjid Assalam di dalam Komplek IIC tersebut.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya menghadiri pembukaan Konferensi Proses Kabul kedua, yang membicarakan upaya perdamaian di negeri yang tengah dilanda kekerasan tersebut.

Wakil Presiden dalam kesempatan tersebut menegaskan komitmen Indonesia untuk mendukung perdamaian di Afghanistan.

Wapres JK akan kembali ke tanah air Kamis (1/3), setelah melaksanakan lawatan ke negara tersebut sejak Selasa (27/2).(*)