Sudan Serukan Jurnalis Muslim Sampaikan Berita Mencerahkan

id Kamal Ubaid

Sudan Serukan Jurnalis Muslim Sampaikan Berita Mencerahkan

Mantan Menteri Penerangan Sudan Kamal Ubaid (kiri) menjadi pembicara dalam Simposium Jurnalis Muslim dalam rangkaian pertemuan dai dan ulama se-Asia Tenggara, Afrika dan Eropa. (ANTARA SUMBAR/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (Antara Sumbar) - Mantan Menteri Penerangan Sudan Kamal Ubaid menyerukan kalangan jurnalis muslim untuk lebih banyak menyampaikan berita yang mencerahkan mendorong terwujudnya persatuan umat Islam.

"Jangan sampaikan berita yang akan memicu perpecahan, kabarkan bahwa harapan bersatu umat Islam tetap ada," kata dia di Padang, Selasa.

Ia menyampaikan hal itu saat tampil sebagai pembicara dalam simposium jurnalis muslim sebagai bagian rangkaian kegiatan pertemuan dai dan ulama se-Asia Tenggara, Afrika dan Eropa pada 11 hingga 20 Juli 2017.

Menurutnya jurnalis berperan membangun masyarakat dengan berita positif dan mengurangi berita negatif.

"Kaidah dalam kerja jurnalistik adalah menyampaikan berita benar berdasarkan fakta yang terjadi," tambahnya.

Ia mengingatkan jurnalis untuk tidak menciptakan gejolak karena ingin menarik perhatian pembaca tapi tidak menyampaikan kebenaran.

Kamal mengemukakan dalam menulis berita butuh seni dan ilmu agar apa yang disampaikan bisa diterima publik dengan tepat.

"Sebab akurasi konten akan mempengaruhi pikiran dan persepsi pembaca," ujarnya.

Sementara Panitia Pelaksana Simposium Nurkholis Ridwan mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu sarana silaturahim pegiat media muslim dalam rangka memperkuat ukhuwah dan persaudaraan.

Kegiatan ini diselenggaraan oleh Yayasan Manaroh Islamiyah dalam rangka pertemuan Dai dan ulama ulama se-Asia Tenggara, Afrika dan Eropa, ujarnya. (*)