Pedagang Mainan Mulai Padati Pasar Simpang Empat

id pedagang mainan

Pedagang Mainan Mulai Padati Pasar Simpang Empat

Pedagang mainan. (Antara)

Simpang Empat, (Antara Sumbar) - Pedagang mainan anak-anak mulai memadati pasar Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) pada hari pertama Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.

Pantauan di sepanjang Pasar Simpang Empat, Minggu (25/6) pedagang dadakan bermunculan dengan memasang tenda dagangannya di tepi jalan Simpang Empat, Batang Toman, Jambak dan Simpang Tiga.

Para pedagang aneka mainan itu, selain menggelar dagangannya dengan tikar juga ada yang mendirikan tenda.

"Memang saya sengaja berjualan mainan anak-anak saat lebaran karena pembeli cukup banyak," kata salah seorang pedagang di Simpang Empat, Rudi (30).

Ia menambahkan sangat bersyukur karena pembeli mulai banyak. Kemungkinan pada hari kedua dan ketiga Lebaran, pembeli akan semakin bertambah.

Ia mengaku berjualan saat Lebaran, baik Idul Fitri maupun pada Idul Adha. Aneka mainan anak-anak yang dijual dibeli dari Bukittinggi dan Padang.

Aneka mainan anak yang dijual, seperti sejenis pistol-pistol, senapan, mobil-mobilan, boneka, dan gasing dengan harga bervariasi, termurah Rp3.000 hingga termahal Rp150.000.

Untuk mainan pistol harga jualnya mulai dari Rp4.000 sampai Rp35.000, sedangkan jenis senapan Rp15.000 hingga Rp85.000 per pucuk, sedangkan mobil-mobilan dari Rp10.000 hingga Rp150.000.

Aneka mainan yang dijualnya didatangkan dari Bukittinggi dan Padang serta sebagian lainnya didatangkan dari Pekan Baru dan Payakumbuh.

Berbagai mainan yang dijual pedagang itu, kebanyakan produk China dan Taiwan, serta sebagian buatan dalam negeri.

"Usaha ini kita lakukan mulai dari hari pertama Lebaran hingga keempat. Mudah-mudahan dagangan kami habis semua," harapnya.

Salah seorang pembeli warga Batang Lingkin, Gian (15) mengaku datang ke Pasar Simpang Ampek untuk membeli mainan pistol-pistolan.

Ia mengaku teman sebayanya setiap Lebaran selalu mengajaknya untuk bermain perang-perangan.

"Setiap Lebaran mainan pistol atau senapan adalah yang utama. Mainan ini cukup mudah diperoleh setiap lebaran," katanya. (*)