Kaligrafi Karya AMY Dt Garang Dipamerkan

id Kaligrafi, AMY Dt Garang, Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Puluhan karya seni kaligrafi Islam karya AMY Dt Garang dipamerkan dalam pameran amal di Galeri Taman Budaya Sumatera Barat sebagai peringatan 40 tahun berkarya.

Ketua kurator pameran Muharyadi di Padang Selasa mengatakan dari sekian banyak karya dari pelukis dirinya memilih 40 karya untuk ditampilkan dalam pameran ini dan dipamerkan selama enam hari, mulai dari tanggal 2 hingga 7 Mei 2017.

"Untuk pameran kali ini saya memilih 40 karya dari sekian banyak karya beliau yang sudah berkiprah di dunia lukis kaligrafi selama 40 tahun," katanya.

Ia mengatakan AMY Dt Garang merupakan sedikit di antara seniman Sumbar yang tetap eksis dan setia dalam menekuni seni lukis, terutama seni kaligrafi Islam.

Menurut Muharyadi hal paling pokok pada karya-karya lukisan kaligrafi ini terlihat dari khatnya yang begitu variatif dan dinamis.

Hal tersebut terlihat dari sapuan warna dan tarikan garis-garis yang lembut pada masing-masing kanvas hingga mencitrakan kebesaran Allah SWT dengan segala ciptaanNya.

"Dalam berkarya pelukis Dt Garang senantiasa berpegang teguh dengan ayat-ayat Al Quran melalui orientasi fungsi dan sasaran yang tidak menyimpang dari ajaran Islam dan Al Quran," katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyampaikan apresiasinya terhadap pelukis AMY Dt Garang yang telah konsisten berkarya selama puluhan tahun hingga menghasilkan karya-karya yang indah.

Ia mengatakan melalui lukisan kaligrafi pelukis menyampaikan pesan-pesan keagamaan yang dapat dijadikan pelajaran bagi semua orang, terutama umat Islam.

"Melalui lukisan kaligrafi AMY Dt Garang telah berdakwah dengan menyampaikan nilai-nilai keagamaan bagi setiap orang yang melihat karyanya," katanya.

Selain itu ia juga mengharapkan agar karya-karya yang dipamerkan diminati oleh para pencinta seni kaligrafi atau lukisan sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang.

"Pameran ini merupakan acara amal untuk pembangunan masjid, semoga banyak yang tertarik untuk memiliki dan membeli kaligrafi-kaligrafi yang dipamerkan," katanya.

Dalam pameran itu juga dilaksanakan penggalangan dana pembangunan masjid di SMK 4 Padang. (*)