Rektor UBH Serahkan Sertifikat Asesor Kompetensi BNSP

id Niki Lukviarman

Rektor UBH Serahkan Sertifikat Asesor Kompetensi BNSP

Rektor UBH Padang, Niki Lukviarman. (Antara)

Padang, (Antara Sumbar) - Rektor Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat, Prof Niki Lukviarman menyerahkan secara simbolis sertifikat kepada para peserta Pelatihan Asesor Kompetensi angkatan I yang diselenggarakan Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK) UBH bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Jakarta.

Salah seorang pengurus PTUK-UBH Dr Elfiondri di Padang, Kamis, mengatakan pelatihan itu diikuti 25 orang peserta, tapi yang lulus hanya sebanyak 24 orang.

Peserta pelatihan ini berasal dari dosen UBH, pengajar di Universitas Muaro Bungo dan guru SMKN 3 Pariaman.

Sedangkan instruktur pelatihan ini adalah Master Asesor dari BNSP Jakarta yang diselenggarakan pada Desember 2016.

"PTUK UBH ini tengah mempersiapkan perangkat untuk menuju Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) 1 . Kemudian sudah mempersiapkan badan asesor untuk tiap fakultasnya sehingga dapat menyelenggarakan uji kompetensi," tambahnya.

Ia menjelaskan dengan adanya lembaga sertifikasi ini diharapkan dapat melekat dengan struktur organisasi di UBH karena masih berdiri sendiri. Lahirnya lembaga ini juga sebagai amanah dari BNSP sehingga nantinya lulusan UBH dan masyarakat umum dapat mengikuti uji kompetensi di kampus itu.

Sedangkan rektor UBH Prof Niki Lukviarman mengucapkan selamat kepada dosen kampus itu dan peserta lainnya yang berasal dari luar Kampus Proklamator ini.

Sertifikat asesor kompetensi ini langsung dikeluarkan oleh BNSP di tingkat nasional, katanya.

PTUK UBH ini menjadi daya jual dan ikon yang ada di kampus ini. Di samping itu juga dengan adanya lembaga sertifikasi ini dapat meningkatkan daya saing dan kualitas lulusan di era pasar bebas ini, sebutnya. (*)