Kemenag Sumbar akan Lakukan Pengamatan Hilal di Bukit Lampu

id rukyatul hilal , kemenag, sumbar

Kemenag Sumbar akan Lakukan Pengamatan Hilal di Bukit Lampu

Rukyatul hilal. (ANTARA FOTO)

Padang, (Antara Sumbar) - Kementerian Agama wilayah Sumatera Barat (Sumbar), akan melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan untuk menetapkan awal Ramadhan 1437 Hijriah di kawasan Bukit Lampu Padang.

"Rukyatul hilal akan dilaksanakan pada Minggu, 5 Juni 2016 menjelang matahari terbenam di kawasan Bukit Lampu, Kecamatan Lubuk Begalung Padang ," kata Kasubag Humas Kantor Wilayah Kemenag Sumbar, Irwan di Padang, Jumat.

Menurutnya proses rukyatul hilal akan dimulai sekitar pukul 17.00 WIB dengan menggunakan alat sejenis teropong yang disebut Teodolit untuk melihat posisi bulan.

"Setelah melakukan rukyatul hilal, akan langsung dilaporkan hasil pengamatannya ke Jakarta untuk kemudian menjadi salah satu masukan dalam sidang isbath penetapan awal Ramadhan," tambah dia.

Ia menerangkan tim yang melakukan Rukyatul Hilal berasal dari hakim pengadilan tinggi agama, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) serta ormas Islam.

Irwan mengimbau masyarakat untuk menunggu keputusan pemerintah dalam melaksanakan awal Ramadhan yang akan diumumkan pada Minggu malam (5/6).

Sementara, Kepala Stasiun Geofisika kelas I BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono mengatakan pihaknya juga akan melakukan pengamatan hilal pada 5 Juni 2016.

Kemungkinan lokasinya di shelter UNP atau di Koto Tangah dan akan disiarkan secara langsung melalui jaringan internet, ujar dia.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil hisab hilal sulit terlihat karena baru empat derajat dan ketika itu sinar matahari masih terang.

Namun apapun hasilnya kami hanya menghimpun data dan melaporkan kepada pemerintah, lanjut dia.

Ia menjelaskan petugas yang melihat hilal akan disumpah dan setelah selesai akan melaporkan hasil ke pusat sebagai pertimbangan penetapan awal Ramadhan. (*)