PWI Dharmasraya Gelar Pelatihan Jurnalistik Pelajar SLTA

id PWI, Dharmasraya, Pelatihan Jurnalistik

PWI Dharmasraya Gelar Pelatihan Jurnalistik Pelajar SLTA

Pulau Punjung, (AntaraSumbar) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Dharmasraya menggelar pelatihan jurnalistik bagi pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) daerah itu, Selasa.

Ketua PWI Dharmasraya Maryadi di Pulau Punjung, mengatakan, pelatihan terlaksana atas kerja sama antara PWI setempat dan pemerintah daerah.

Jumlah peserta diikuti sebanyak 46 dengan perwakilan tiga orang seluruh sekolah SLTA. Masing-masing setiap sekolah mengirimkan dua siswa dan satu pendamping guru sekolah.

Ia menjelaskan, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahun tentang ilmu dasar jurnalistik kepada pelajar, katanya, selain itu ini juga upaya pembinaaan kalangan pemuda dengan kegiatan positif.

Menurut dia, ilmu wartawan tidak hanya bermanfaat bagi wartawan dalam menjalan tugas, tapi pengetahuan ini juga hal postif bagi pelajar, khususnya dalam hal tulis-menulis.

"Pada akhir pelatihan peserta akan praktek menulis berita. Jadi kami tidak hanya menyampaikan teori," katanya.

Ia mengatakan, pelatihan dilaksanakan selama satu hari dengan menghadirkan narasumber mantan wartwan senior sekaligus kepala Bagian Humas dan Protokler Sekretariat daerah setempat Budi Waluyo dan korda Harian Singgalang Dharmasraya Yasrizal.

Dia mengharapkan, setelah pelatihan pelajar dapat mengimplementasikan kegiatan jurnalistik pada organisasi sekolah, misalnya majalah dinding, majalah sekolah maupun lainnya. Dan memberikan wawasan serta melatih siswa lain dalam kepenulisan ilmiah.

"Nanati hasil karya tulis pelajar juga akan kami dinilai, nilai tertinggi akan diberikan 'reward' dan sertifikat bagi seluruh peserta," katanya.

Dia menambahkan, profesi wartawan saat ini makin diminati seiring dengan tumbuhnya perusahaan pers. Kemajuan teknologi juga turut mendukung makin banyak masyarakat menjadikan informasi dari media masa sebagai kebutuhan.

Pelatihan ini dibuka lansung oleh Wakil Bupati Dharmasraya Amrizal yang dilaksanakan di Aulu Kantor Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga setempat.

Amrizal mengatakan, menyambut baik upaya PWI Dharmasraya dalam meningkatkan kemampuan siswa dibidang jurnalistik serta mengenalkan ilmu kewartawan.

Ia berpesan, peserta diharpkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sunggu serta tidak menyiakan kesempatan tersebut.

"Adik-adik peserta merupakan orang pilihan yang diutus sekolah untuk hadir dalam kegiatan ini, untuk itu manfaaatkan kesempatan ini dengan baik," katanya. (*)