Ini rekomendasi tempat istirahat peserta HPN yang melintasi Dharmasraya

id HPN 2018,HPN Sumbar,PWI Dharmasraya

Ini rekomendasi tempat istirahat peserta HPN yang melintasi Dharmasraya

Ketua PWI Dharmasraya Maryadi. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jansen)

Pulau Punjung, 30/1 (Antara) - Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Maryadi merekomendasikan beberapa tempat peristirahatan bagi peserta HPN yang melewati daerah itu, seperti Rumah Makan Umega, Nagari (Desa Adat) Gunung Medan.

"Selain itu, peserta juga dapat beristirahat di beberapa SPBU yang memiliki fasilitas lengkap, seperti di Sungai Rumbai, Koto Baru, Sikabau, Pulau Punjung, dan Sialang yang berbatasan dengan Sijunjung " katanya di Pulau Punjung, Selasa.

Terkait kondisi Jalan Lintas Sumatera khususnya di Dharmasraya secara umum sudah bagus, kata dia peserta diminta tetap berhati-hati saat memasuki Koto Baru, Kecamatan Koto Baru karena pada titik tersebut jalan bergelombang.

Ia mengatakan peserta dari beberapa daerah, seperti Bengkulu, Jambi, dan Palembang akan memilih perjalanan darat untuk menghadiri kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, di Kota Padang.

"Selain itu, juga terdapat tiga pos penjagaan polisi seperti di Sungai Rumbai, Umega Gunung Medan, dan Sialang Pulau Punjung yang dapat didatangi peserta HPN jika memerlukan bantuan," ujarnya

Ia memprediksi peserta HPN dari daerah itu mulai memasuki Sumatera Barat pada 6 Januari. Puncak HPN 2018 akan dilaksanakan 9 Februari.

Terkait persiapan PWI Dharmasraya dalam menyambut HPN, kata dia pihaknya terus berkoordinasi dengan panitia tingkat Sumbar serta membuat spanduk ucapan selama datang.

PWI Dharmasraya berharap pihak kepolisian setempat menyiagakan beberapa personel untuk pengamanan peserta selama pelaksanaan HPN, kata dia.

Sementara Kapolres Dharmasraya, AKBP Rudy Yulianto menyatakan siap menyukseskan pelaksanaan HPN Sumatera Barat 2018, di Kota Padang.

Menurut dia pihaknya akan berkoordinasi dengan Polres tetangga seperti Kabupaten Muaro Bungo, Jambi, Kabupaten Sijunjung, dan Kota Sawahlunto terkait pengamanan peserta HPN saat melewati daerah tersebut.

"Nanti kita lakukan pengaaman dengan cara estapet, artinya ketika peserta memasuki wilayah Dharmasraya pengamanan menjadi tugas Polres Dharmasraya, selepas Dharmasraya diambil jajaran Polres Sijunjung, begitu seterusnya sampai di Kota Padang," jelasnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menegaskan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di daerah itu harus berjalan dengan sukses dan semua pihak diminta ikut berkontribusi. (*)