Dandim Solok Tanam Padi Perdana Cetak Sawah

id Dandim Solok, Cetak Sawah

Padang Aro, (AntaraSumbar) - Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0309 Solok, Letkol Infanteri Sapta Feriansyah melakukan penanaman perdana cetak sawah baru di Nagari Ranah Pantai Cermin, Kabupaten Solok Selatan, Senin.

"Dengan cetak sawah baru di Nagari Ranah Pantai Cermin seluas 11 hektare diharapkan bisa meningkatkan produksi padi sehingga ketahanan pangan bisa dicapai," katanya.

Dia menambahkan proses cetak sawah baru ini dilakukan sesuai prosedur sehingga bisa meningkatkan produksi padi di Solok Selatan.

"Kami berharap petani tetap semangat menggarap sawah yang sudah dicetak supaya hasil produksinya bisa terus meningkat," ujarnya.

Menurutnya biaya cetak sawah baru ini Rp16 juta setiap hektare sedangkan kuota Solok Selatan tahun ini 182 hektare ditambah Kabupaten Solok 50 hektare.

Untuk Solok Selatan, tambahnya 117 hektare sudah siap dicetak dan Solok 25 hektare sedangkan sisanya masih dalam tahap survei dan evaluasi.

"Tahun depan masih ada program untuk peningkatan produksi panen sehingga petani harus tetap semangat menggarapnya," katanya.

Sementara itu Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdakab Solok Selatan, Efli Rahmat menjelaskan hasrat petani Ranah Pantai Cermin Kecamatan Sangir Batang Hari sudah lama ingin mencetak sawah baru tetapi baru terealisasi sekarang.

"Karena ada program yang lain belum selesai makanya proses cetak sawah baru di Ranah Pantai Cermin jadi tertunda," ujarnya.

Dia menyebutkan sawah yang baru dicetak ini produksinya tentu saja belum akan maksimal tetapi petani tidak perlu khawatir karena selama mereka tidak membakar jeraminya maka hasilnya tiap tahun pasti meningkat.

"Petani tidak boleh membakar jerami tetapi setelah panen dikumpulkan dan saat musim tanam berikutnya dikembalikan kesawah sehingga bisa meningkatkan produksi," lanjutnya.

Dengan demikian, menurutnya maka petani tidak perlu lagi menggunakan pupuk kimia sebab dengan jerami tersebut kesuburan tanah sudah meningkat. (*)