Idul Adha Sarana Memupuk Kepedulian Sosial

id Memupuk Kepedulian Sosial

Tangerang Selatan, (Antara) - Peringatan Idul Adha diharapkan sebagai sarana untuk memupuk kepedulian sosial di tengah-tengah masyarakat.

"Sikap individualistik adalah sikap mementingkan diri sendiri dan menurut Allah SWT adalah sikap dari orang yang tidak lengkap keimanannya," kata khotib Nur Ubaidilah SQ yang memberikan makna Idul Adha dalam sholat Ied di Masjid Al Aqsa kawasan Bintaro Sektor IX, Tangerang Selatan, Kamis.

Sholat ied di Masjid Al Aqsa merupakan salah satu kegiatan peringatan Idul Adha yang diperingati di seluruh Tangerang Selatan dan kawasan di sekitarnya.

Kepedulian sosial, menurutnya, merupakan salah satu hikmah yang ada dalam ajaran Islam.

Pada bagian lain khotbahnya, ia mengatakan selain membina hubungan dengan Allah SWT, umat Islam juga harus membina hubungan yang baik dengan sesama manusia.

"Kepedulian sosial merupakan ibadah yang tidak hanya ibadah yang pahalanya didapat oleh pelakunya, namun juga dirasakan oleh masyarakat atau orang lain," paparnya.

Khotib juga menyinggung adanya usulan kenaikan gaji pejabat negara yang menurutnya tidak sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini.

Ia mengharapkan bila kepedulian sosial bisa diterapkan secara menyeluruh di seluruh Indonesia maka semua masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Kegiatan sholat ied di Masjid Al Aqsa kawasan Permata Bintaro merupakan salah satu kegiatan sholat ied yang berlangsung di kawasan Tangerang Selatan dan juga Bintaro.

Kegiatan serupa juga dilangsungkan di Masjid Bani Umar di kawasan Pondok Aren, di Masjid Raya Bintaro Jaya baik di sektor 1 maupun di Sektor 9.

Usai sholat ied, panitia di masing-masing masjid akan melakukan penyembelihan hewan kurban baik sapi maupun kambing. (*)