Unand Peringati Dies Natalis ke 59

id Dies Natalis ke 59 Unand

Padang, (Antara) - Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) memperingati sekaligus merayakan hari ulang tahun atau dies natalis ke 59 pada rapat senat terbuka, Senin.

"Sejatinya HUT Unand jatuh pada tanggal 13 September, namun karena bertepatan pada hari minggu maka perayaan dimundurkan namun peringatan ini tidak mengurangi maknanya," kata Rektor Unand Prof. Werry Darta Taifur, di Padang.

Ia menyebutkan perayaan dies natalis tahun ini secara khusus menjadi istimewa.

Sebab menjadi dies natalis terakhir dirinya menjabat sebagai rektor Unand, yang mana pada perayaan tahun mendatang rektor terpilih Tafdil Husni yang akan memimpin.

Selain itu katanya, keistimewaan lain pada dies natalis tahun ini yakni hadirnya tiga mantan rektor Unand yakni Musliar Kasim, Fachri Achmad, dan Marlis Rahman.

Ditambah lagi dengan lengkapnya perwakilan mitra kampus serta dari TNI, Polri serta pimpinan daerah.

"Perayaan dies natalis ini juga diharapkan menjadi momen kebangkitan Unand dengan pimpinan yang baru nantinya," katanya.

Dia mengakui selama kepemimpinannya sejak 2011 segala capaian yang telah diraih Unand masih banyak kekurangan.

Beberapa hal yang masih perlu mendapat perbaikan semisal akreditasi prodi C, peringkat webometric dan belum selesainya beberapa infrastruktur.

Menurutnya hal tersebut menjadi tugas penerus estafet berikutnya.

"Dan perayaan dies natalis ini sebagai awal untuk mencapai keberhasilan tersebut," katanya.

Sementara itu salah satu dosen Unand Datuk menilai kinerja rektor saat ini Werry Darta Taifur cukup istimewa dalam membangun keterpurukan Unand pasca gempa.

Menurutnya kebebasan dan tanpa adanya pembedaan pada semua lapisan menjadi salah satu bukti kejayaan Unand selama rektor Werry.

Momen Dies natalis ini menjadi akhir yang manis bagi kepemimpinan Unand di bawah Werry.

"Diharapkan rektor baru dapat meraih kesuksesan serupa bahkan melebihinya," kata dia. (*)