Polres Sawahlunto Kerahkan Sepertiga Kekuatan saat Hari Libur

id polres, sawahlunto

Polres Sawahlunto Kerahkan Sepertiga Kekuatan saat Hari Libur

Kapolresta Sawahlunto, AKBP Djoko Ananto, saat memasangkan pita Operasi Patuh 2015, di Halaman Mapolresta Sawahlunto, Selasa (27/5). Operasi tersebut akan digelar sampai 9 Juni mendatang untuk meningkatkan partisipasi dan tingkat kepatuhan para pengguna jalan agar tertib berlalu lintas. (Foto: Dok Satlantas Polres Sawahlunto)

Sawahlunto, (Antara) - Jajaran Kepolisian Resor Kota (Polresta) Sawahlunto, Sumatera Barat, mengerahkan sepertiga kekuatan pasukan petugas kepolisian guna menggiatkan pengamanan di setiap hari libur akhir pekan dan hari besar lainnya.

Kapolresta Sawahlunto AKBP Djoko Ananto di Sawahlunto, Minggu, mengatakan upaya tersebut sebagai bentuk dukungan jajaran Polresta Sawahlunto dalam menyukseskan visi kota itu, sebagai kota wisata tambang yang berbudaya.

"Anggota diterjunkan untuk memperkuat polsek-polsek sejajaran dalam menyiptakan rasa aman bagi para pengunjung yang datang ke kota ini," kata nya.

Menurut dia, bentuk kegiatan tersebut antara lain patroli pengamanan arus lalulintas yang dilakukan oleh petugas dari Satuan Lalulintas di seluruh ruas jalan yang ada di wilayah hukumnya.

Kemudian, lanjutnya, patroli juga dilaksanakan oleh polsek se-jajaran dengan sasaran utamanya adalah tempat-tempat wisata yang tersebar di kota itu, tujuan adalah sebagai langkah antisipasi dini terhadap kemungkinan terjadinya gangguan ketertiban dan keamanan di lokasi tersebut.

"Patroli dilaksanakan secara berkala sejak pagi hingga malam hari dengan mengerahkan unit kendaraan patroli kepolisian," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk mengamankan kegiatan-kegiatan hiburan dan keramaian lainnya, langkah pengamanan oleh polsek-polsek se-jajaran juga diperkuat oleh petugas kepolisian dari Sat Intelkam Polresta Sawahlunto.

Mereka akan melakukan langkah-langkah deteksi dini terhadap kemungkinan adanya perbuatan melanggar hukum atau tindakan kejahatan lainnya, selama kegiatan berlangsung.

Dalam kegiatan tersebut, lanjutnya, juga diperkuat oleh petugas dari Satuan Sabhara Mapolresta Sawahlunto, sehingga langkah penanganan secara cepat, bisa dilaksanakan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Selama melakukan pengamanan, petugas diperintahkan untuk menggunakan langkah-langkah bersifat persuasif dan lebih mengutamakan kegiatan pencegahan dini terhadap terjadinya gangguan kamtibmas yang bisa meresahkan masyarakat," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar ikut membantu kelancaran tugas-tugas kepolisian dengan cara turut aktif menciptakan suasana yang kondusif dan aman, dilingkungan masing-masing.

"Apabila ada potensi munculnya gangguan kamtibmas atau peristiwa lainnya, seperti kecelakaan lalu lintas, agar segera melaporkannya ke pihak kepolisian terdekat untuk ditindaklanjuti sesuai aturan hukum yang berlaku," kata dia. (cpw7)