Legislator Dorong Pemkot Laksanakan Program Padang Bersih

id Legislator Dorong Pemkot Laksanakan Program Padang Bersih

Padang, (Antara) - Anggota DPRD Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Muzni Zen mendorong pemerintah kota (Pemkot) untuk melaksanakan program "Padang Bersih" yang peraturan daerah (Perda) nya sudah disetujui dewan setempat.

"Perda Padang bersih sudah disetujui pada 2012, dan tahun ini eksekutif sudah mulai menerapkannya agar Kota Padang bersih dari sampah," kata anggota Komisi III bidang pembangunan dan lingkungan hidup, Muzni Zen di Padang, Selasa.

Ia berpendapat untuk terwujudnya program itu, Pemkot harus memiliki perencanaan dan tata laksana di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) nya.

"SKPD terkait harus memulai menganalisa dan mengkaji apa kebutuhan yang diperlukan, dengan kejelasan rincian itu maka DPRD akan mudah menyetujuinya," katanya.

Menurutnya, untuk menciptakan Padang bersih bukanlah hal yang mudah, namun harus adanya langkah-langkah perencanaan yang tepat dari hasil kajian para ahli, maka akan sangat membantu eksekutif menerapkan program tersebut.

Ia meyakini APBD Kota Padang dapat mengakomodasi dana pendukung untuk tercapainya program itu, mengingat peraturan ini sudah disetujui jauh hari.

"Saya yakin dewan akan menyetujui pengajuan anggaran untuk program ini, apabila eksekutif mampu menjabarkannya dengan jelas dan terinci," katanya.

Tahun ini tambahnya, DPRD bersama pemerintah telah menganggarkan dana Rp45 miliar untuk program di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang, termasuk ke dalamnya program Padang bersih.

"Ada beberapa program yang menjadi fokus kita, yakni program penyediaan prasarana dan sarana pengelolaan persampahan yang dianggarkan sebesar Rp3,37 miliar, dan program sosialisasi kebijakan pengelolaan persampahan Rp320 juta, ini semua program mendukung Padang bersih," jelasnya.

Sekretaris Daerah Kota Padang, Nasir Ahmad mengatakan, program Padang bersih memang harus disegerakan, karena akan berdampak positif bagi wisatawan yang berkunjung ke Padang.

"Jika Padang sudah bersih dan nyaman, tidak hanya masyarakat lokal yang senang, tetapi juga para pengunjung luar akan berbondong-bondong berwisata ke Padang," katanya.

Ditambahkannya, saran dari DPRD akan disampaikan kepada instansi terkait, termasuk membuat program lanjutan, perencanaan yang terstruktur dan terukur. (**/cpw3)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar