KOTA PADANG JUARA UMUM, PASAMAN BARAT REBUT JUARA TIGA

id KOTA PADANG JUARA UMUM, PASAMAN BARAT REBUT JUARA TIGA

Pelaksanaan Musabagah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Tingkat Sumbar ke-XXXV telah selesai dan berjalan sukses. Kota Padang berhasil menjadi juara umum sedangkan peringkat kedua direbut oleh Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Pasaman Barat berada di tingkat ketiga.

Para pemenang MTQ langsung diumumkan saat acara penutupan dihadapan Wakil Mentri Agama RI, Nasaruddin Umar ,Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan ribuan undangan lainnya oleh koordinator Dewan Hakim, Prof. Rusydi dan Andri Pramuhardana.

Alhamdulillah Pasaman Barat berhasil menjadi peringkat ketiga dan merupakan prestasi tersendiri selama pelaksaana MTQ di Sumbar. Selain sukses sebagai tuan rumah, kita juga sukses dari segi prestasi,kata Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R usai penutupan di Padang Tujuah Pasaman Barat, Rabu.

Berdasarkan penilaian para dewan hakim, Kota Padang berhasil merebut poin tertinggi yakni 84, disusul oleh Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah poin 64 dan Kabupaten Pasaman Barat dengan nilai 60.

Peringkat keempat direbut oleh Kabupaten Padang Panjang dengan nilai 32, peringkat kelima Kabupaten Agam dengan nilai 31, peringkat keenam oleh Kabupaten Solok dengan nilai 31 dan peringkat ketujuh Kabupaten 50 Kota dengan nilai 29.

Peringkat kedelapan direbut oleh Kota Bukittinggi dengan nilai 25, perngkat Sembilan Kabupaten Sijunjung dengan nilai 14 dan peringkat 10 direbut oleh Kabupaten Pesisir Selatan.

Selanjutnya peringkat 11 direbut oleh Kota Sawahlunto dengan nilai 13, peringkat 12 Kota Solok dengan nilai 13, peringkat 13 direbut Kabupaten Pasaman dengan nilai 13 dan peringkat 14 direbut oleh Kabupaten Mentawai.

Sedangkan peringkat 15 direbut Kota Payakumbuh dengan nilai 10, peringkat 16 oleh Kabupaten Padang Pariaman, peringkat 17 oleh Kabupaten Solok dengan nilai 5, peringkat 18 oleh Kabupaten Tanah Dhamasraya dan peringkat terakhir atau 19 Kota Pariaman dengan nilai 1.

Bupati Pasaman Barat, Baharuddin R mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telibat dalam pelaksaan MTQ ini sehingga berjalan dengan sukses dan aman. Pasaman Barat mampu melejit menjadi peringkat ketiga dan juga sukses ebagai tuan rumah.

Saya ucapkan terima kasih atas semua partisipasi semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Mudah-mudahan dengan momen MTQ ini akan menjadikan Pasaman Barat dikenal oleh daerah lainnya,ujar dia.***Altas Maulana***