Pesona Tangsi Ampek Di Nagari Seribu Rumah Gadang

id Pesona Tangsi Ampek Di Nagari Seribu Rumah Gadang

Kabupaten Solok Selatan yang berdiri sejak tahun 2004 silam mempunyai julukan Nagari Seribu Rumah Gadang mempunyai potensi wisata yang sangat banyak dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar.

Diantara banyaknya potensi wisata tersebut yang paling menarik dan patut mendapat perhatian yaitu Air Terjun bertingkat Tangsi Empat di Jorong Sungai Lambai Nagari Lubuak Gadang Selatan Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan dan perkampungan Seribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru Muaralabuh Kecamatan Sungai Pagu.

Untuk lokasi air terjun tangsi empat menyajikan pemandangan yang luarbiasa indahnya karena alam disekitarnya masih alami dan debit airnya, kolamnya juga besar dan airnya juga cukup dalam sehingga pengunjung bisa berenang disana.

selain itu jalur yang dilewati menuju air terjun tangsi ampek juga melalui kawasan perkebunan teh mitra kerinci sepanjang tiga kilometer yang akan memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung kesana.

Dengan mengendarai sepeda motor hanting menuju air terjun bertingkat tangsi empat tersebut akan membuat pengunjungnya merasa puas karena pemandangan area perkebunan teh hijau terhampar luas.

Sedangkan sampai di loksi air terjun akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang alami dan udara yang sejuk serta bisa membuat pengunjungnya nyaman.

Yang tidak kalah menariknya menurut salah seorang pelopor pariwisata Sumbar Yulnofrins Napilus yaitu air terjun tangsi ampek merupakan lokasi penerjunan kayak pertama di Indonesia yang dilakukan oleh turis asing dari Afrika Selatan pada24 November 2009.

"Penerjunan kayak pertama di Indonesia setinggi 16 meter dilakukan di air terjun tangsi ampek Solok Selatan oleh kayaker asal Afrika Selatan," katanya.

Dia menyebutkan, Empat orang Kayaker Internasional yang tengah mengikuti kegiatan survei dan eksebisi kayak arus deras di Solok Selatan menyatakan, wilayah yang dikenal sebagai Negeri Seribu Rumah Gadang memiliki sungai-sungai dengan kualitas kelas dunia untuk menjadi destinasi wisata kayak arus deras (Whitewater Kayaking). Sehingga tak pelak sebutan buat Solok Selatan bertambah satu lagi menjadi Negeri Seribu Sungai.

Sedangkan Air Terjun Tangsi Ampek terdiri dari dua tingkat. Tingkat pertama memiliki ketinggian 15 meter dan tingkat kedua dengan tinggi 10 meter yang berjarak 5 meter dari air terjun tingkat pertama.

Sejak saat itu imbuhnya, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mulai diincar oleh para aktivis Kayak Arus Deras atau Whitewater Kayaking sebagai tempat tujuan wisata petualangan karena daerah ini memiliki sungai-sungai yang bervariasi dan berarus deras yang sangat ideal sebagai tempat petualangan kayak arus deras. Terutama jeram-jeram dan air terjun yang sangat menantang buat para penggemar kayak kelas berat.

Yang perlu dilakukan pembenahan oleh pemerintah daerah setempat kata dia, yaitu jalan harus dihaluskan karena sekarang masih kasar dan jalan dekat lokasi dibersihkan.

Selain itu pemerintah juga harus menyediakan toilet umum serta pos jaganya supaya kebersihan lokasi tetap terjaga dan kalamiannya tetap terjamin.