Panwaslu Padang Pantau Distribusi Logistik Pilkada

id Panwaslu Padang Pantau Distribusi Logistik Pilkada

Padang, (Antara Sumbar) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Padang, Sumatera Barat, memantau distribusi logistik pemilihan kepala daerah setempat yang rencananya berlangsung pada Rabu (30/10)

"Selain memantau pendistribusian logistik pilkada, kami juga mengecek kondisi segel kotak suara," kata Ketua Panwaslu Kota Padang Nurlina K., di Padang, Minggu.

Ia menjelaskan distribusi logistik merupakan kewenangan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun, panwaslu harus memastikan kotak suara itu masih tersegel.

"Pihaknya tidak menginginkan ada kerusakan segel kotak suara sebelum pencoblosan," kata dia.

Panwaslu sudah menekankan kepada seluruh anggota panitia pengawas kecamatan dan panitai pengawas lapangan untuk mengawal seluruh proses yang dilakukan penyelenggara pemilu.

"Mulai dari pendistribusian, pemungutan suara, penghitungan suara hingga rekap hasil di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU," kata Nurlina.

Dia mengatakan saat distribusi kotak suara di tingkat PPS, harus dikawal oleh panwascam dan terus berkoordinasi dengan PPS dan PPK.

"Demikian juga setelah penghitungan suara, panitia pengawas lapangan tetap mengawal pengiriman kembali kotak suara hasil pemilihan hingga ke sekretariat PPK," katanya.

Dia mengatakan distribusi kotak suara itu jangan dianggap sepele karena di dalamnya ada amanat rakyat yang menentukan pemimpin lima tahun yang akan datang.

"Surat suara itu adalah dokumen negara yang merupakan jantung pemilu. Ini harus dipelototi, terlebih ada tambahan 2,5 persen surat suara. Jangan sampai, saat lengah membuat surat suara hilang dicuri. Jangan sampai itu terjadi," ujar dia.

Pada kesempatan terpisah, Ketua KPU Kota Padang Alison menyatakan KPU Padang sudah mulai mendistribusikan surat suara pilkada ke seluruh kecamatan di daerah itu.

"Untuk pendistribusian surat suara disediakan waktu selama tiga hari, hingga 28 Oktober mengantisipasi hal yang tidak terduga," kata dia.

Menurut dia, dalam pengiriman surat suara ke kecamatan, pengawasan dilakukan langsung oleh komisioner KPU dan pihak Polres Kota Padang.

"Hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, sehingga surat suara yang dikirimkan tetap utuh dan aman," ujar dia.

Distribusi surat suara ke kelurahan akan dilakukan pada Selasa (29/10).

"KPU menyiapkan surat suara sebanyak 574.742 lembar termasuk 2,5 persen cadangan," kata Alison. (*der)