Panwaslu Ajak Pemilih Cerdas Salurkan Aspirasi

id Panwaslu Ajak Pemilih Cerdas Salurkan Aspirasi

Padang, (Antara Sumbar) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), mengajak masyarakat untuk menjadi pemilih cerdas dalam menetukan pilihannya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) bakal digelar pada 30 Oktober 2013.

"Masyarakat yang memiliki hak pilih untuk cerdas menyalurkan aspirasinya dengan memilih calon kepala daerah benar-benar menganyomi masyarakat," kata Ketua Panwaslu Padang, Nurlina K di Padang, Rabu.

Menurut dia, melalui Pilkada tersebut, akan memperoleh pemimpin daerah yang berkualitas, yang mampu mewujudkan apa yang menjadi tujuan suatu daerah.

"Para pemilih memilih atau mencoblos calon kepala daerah yang memiliki integritas tinggi, kemauan untuk mengabdi dan melayani masyarakat saat mereka sudah duduk menjadi pemimpin daerah," tambahnya.

Masyarakat diminta untuk terlebih dahulu mempelajari rekam jejak si calon, baik dalam kehidupan sehari-hari, pergaulan sosial dan pengetahuannya untuk kemudian menjatuhkan pilihannya.

"Pilih calon berdasarkan rekam jejaknya seperti kehidupannya sehari-hari, pergaulan sosialnya dengan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, kesalahan menentukan pilihan akan mengakibatkan terpilihnya orang-orang yang tidak tepat untuk mengemban tugas-tugas kenegaraan dan pemerintahan.

Kesadaran pemilih tentang perlunya mencermati secara cerdas para calon, menjadi kunci utama terpilihnya para wakil rakyat dan pemimpin pemerintahan yang benar-benar dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di masyarakat.

"Kesadaran inilah yang seharusnya terus dibangun oleh para pemilih dan masyarakat, sehingga Pemilu-kada sebagai instrumen pelaksanaan demokrasi benar-benar bermakna bagi perbaikan kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Menurut dia, memang tidak mudah, diperlukan pemimpin yang berkualitas, yang mampu menggerakkan seluruh elemen masyarakat, untuk menggali semua potensi yang ada di daerah, guna dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat banyak.

"Untuk mendapatkan seorang pemimpin yang berkualitas dalam Pemilu-kada langsung salah satu komponen yang sangat penting adalah menggunakan hak untuk memilih," katanya.

Untuk itulah warga Kota Padang yang telah memenuhi syarat untuk menggunakan hak politik sebaik-baiknya dalam Pilkada.

"Masyarakat agar menghadapi pesta demokrasi ini dengan pikiran yang jernih dan jujur," tambah Nurlina K.(*dy)