Sumbar Jadikan Gelar TTG Nasional Sebagai Motivasi

id Sumbar Jadikan Gelar TTG Nasional Sebagai Motivasi

Sumbar Jadikan Gelar TTG Nasional Sebagai Motivasi

Padang, (Antara Sumbar) - Pelaksanaan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2013 momentum sebagai sebagai wadah bagi masyarakat Sumatera Barat sebagai motivasi dan pembelajaran untuk bisa lebih baik.

"Pelaksanaan TTG Nasional ke XV ditetapkan Sumbar sebagai tuan rumah, merupakan suatu yang positif bagi daerah untuk belajar prkatis terhadap daerah lain," kata Irwan Prayitno di Padang, Jumat.

Pelaksanaan gelar TTG Nasional ke XV akan berlangsung sejak 26-30 September 2013 di Lapangan GOR Agus Salim Padang, yang direncanakan dibuka oleh Presiden RI.

Menurut gubernur, event TTG Nasional yang diikuti seluruh provinsi di Indoensia, nantinya akan ada pameran teknologi yang dihasilkan masyarakat baik di sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan serta bidang industri mikro, kecil dan menengah.

Jadi, suatu kesempatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meniru produk teknologi yang sudah dihasilkan masyarakat provinsi lainnya dalam meningkatkan atau pengolahan ragam produk di berbagai bidang tersebut.

Selain itu, menurut gubernur kegiatan gelar TTG Nasional merupakan momentum juga bagi masyarakat Sumbar untuk ikut memamerkan teknologi yang dihasilkan.

Sebab, teknologi tepat guna yang dihasilkan masyarakat atau kelompok di Sumbar sudah ada yang diikutkan dalam pameran di tingkat nasional, bahkan ada yang telah mendapatkan penghargaan.

"Yang berprestasi silahkan untuk menampilkan pada gelar TTG Nasional nanti. Tahun lalu pelaksanaan TTG tingkat nasional di Kepulauan Riau, teknologi dari Pesisir Selatan dan Tanah Datar ditampilkan," ujarnya.

Menurut gubernur, teknologi yang ditampilkan adalah hasil karya masyarakat, bukan hasil industri atau perguruan tinggi, makanya harus terus di dorong.

Selama ini, bentuk apresiasi dari pemerintah daerah diberi apresiasi dengan memberi penghargaan dan bonus untuk biaya pembinaan terhadap mereka yang berhasil melakukan kreatifitas.

Irwan mengimbau masyarakat Sumbar untuk menjaga keamanan terhadap tamu yang datang dari berbagai daerah nantinya baik masyarakat maupun pejabat pemerintah yang datang.

Rangkaian kegiatan TTG Nasional upacara pembukaan pada 26 September 2013, dilanjutkan exhibition, pameran gagang, lokakarya, rapat koordinasi teknis (Rakornis) dan widyawisata teknologi ke lokasi TTG dan penutupan.(sir)