Dukung pendidikan 2.237 pelajar, mahasiswa dan atlet berprestasi, Semen Padang Groupsalurkan beasiswa Rp2,5 miliar

id Semen Padang, beasiswa, atlet

Dukung pendidikan 2.237 pelajar, mahasiswa dan atlet berprestasi, Semen Padang Groupsalurkan beasiswa Rp2,5 miliar

Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri, didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis menyalurkan beasiswa. (ANTARA/HO-SP)

Padang (ANTARA) - PT Semen Padang Group kembali menunjukkan komitmen dan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan dengan menyalurkan secara simbolis beasiswa dan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp2,5 miliar kepada 2.237 penerima.

Penyerahan secara simbolis itu diterima oleh perwakilan siswa dari tingkat SD/MI. SMP/MTs, SMA/MA dan atlet berprestasi binaan PT Semen Padang, dalam acara yang digelar di Gedung Serba Guna PT Semen Padang, Rabu.

Hadir pada kesempatan itu di antaranya, Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri, Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova, Wakil Ketua KAN Lubuk Kilangan Asril Azis Rajo Bujang, Ketua KAN Limau Manis Zulkifli Dt. Rj. Gamuyang, Direktur Utama PT Pasoka Sumber Karya Eric Reza Alandri, Direktur Utama PT Yasiga Sarana Utama Admartin, Ketua Yayasan Igasar Semen Padang Abdul Hakim Lubis, dan Kepala Unit CSR PT Semen Padang Ilham Akbar.

Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang, Oktoweri, menyampaikan bahwa program beasiswa dan bantuan biaya pendidikan dari anak usaha SIG ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan yang berkelanjutan.

“Program ini adalah bentuk komitmen PT Semen Padang dalam mendukung dunia pendidikan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia. Tidak hanya sebatas tanggung jawab sosial, tetapi juga sebagai bagian dari kontribusi kami terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan, terutama dalam hal ‘Pendidikan Berkualitas’ yang merupakan salah satu dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” jelas Oktoweri.
Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri, didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis menyalurkan beasiswa. (ANTARA/HO-SP)


Pada kesempatan itu, Oktoweri mengharapkan doa serta dukungan seluruh pihak agar PT Semen Padang dapat terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Sumatera Barat pada umumnya dan Kota Padang pada khususnya dengan cara menggunakan Produk PT Semen Padang dalam setiap aktifitas pembangunan.

Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis melaporkan, total penerima beasiswa dari program TJSL PT Semen Padang pada tahun ini mencapai 828 orang, terdiri dari 421 siswa SD/MI, 189 siswa SMP/MTs, 186 siswa SMA/MA, dan 32 mahasiswa perguruan tinggi.

Selain itu, 22 orang di antaranya merupakan atlet berprestasi binaan PT Semen Padang. Tidak hanya di Sumatera Barat, bantuan ini juga disalurkan kepada 60 penerima di Kota Dumai.

Selain beasiswa dari PT Semen Padang, anak perusahaan dan lembaga penunjang PT Semen Padang juga turut berpartisipasi dalam program ini. PT Pasoka Sumber Karya menyalurkan bantuan pendidikan kepada 16 penerima dengan total nilai Rp55.745.000, sementara PT Yasiga Sarana Utama memberikan bantuan kepada 125 penerima dengan total nilai Rp162.200.000.

Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Baznas PT Semen Padang juga berkontribusi besar dengan menyalurkan bantuan pendidikan kepada 1.268 penerima dengan total nilai Rp1.881.820.000.

"Sehingga total dana pemberian Beasiswa dan Biaya Pendidikan yang direalisasikan oleh Semen Padang Group selama tahun 2024 adalah sebesar Rp2.589.765.000,- kepada 2.237 orang penerima," ujar Iskandar Z Lubis.

Pj Wali Kota Padang, Andree Harmadi Algamar, yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang, Yopi Krislova, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT Semen Padang atas kontribusinya yang konsisten dalam mendukung dunia pendidikan.

“Atas nama Pemerintah Kota Padang, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Semen Padang yang selalu peduli, berkomitmen, dan berkontribusi bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui beasiswa dan bantuan biaya pendidikan,” kata Yopi.

Ia juga menyampaikan pesan kepada para penerima beasiswa agar memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya untuk terus meraih prestasi dan menggapai cita-cita. “Jangan biarkan keterbatasan ekonomi menjadi hambatan dalam meraih mimpi. Terus tingkatkan prestasi dan jadikan beasiswa ini sebagai motivasi untuk mencapai kesuksesan,” tambahnya.

Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri, didampingi Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis menyalurkan beasiswa. (ANTARA/HO-SP)


Kebanggaan Penerima Beasiswa

Yanti Ahmad, orang tua dari Alif Rahmatullah, salah satu siswa penerima beasiswa dari SD Negeri 12 Padang, menyampaikan rasa syukurnya. “Alhamdulillah, beasiswa ini sangat membantu kami. Tahun lalu, kakaknya juga mendapatkan beasiswa dari PT Semen Padang, dan kini giliran Alif. Kami sangat bersyukur karena beasiswa ini meringankan beban kami dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak,” ungkapnya.

Rafli, mahasiswa Teknik Mesin Universitas Andalas yang juga merupakan salah satu penerima beasiswa, merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan ini. “Ini pertama kali saya menerima beasiswa dari PT Semen Padang dan uang beasiswa ini akan saya gunakan untuk membayar biaya kuliah serta kebutuhan akademik lainnya. Alhamdulillah, saya sangat senang dan berterima kasih kepada PT Semen Padang,” ujarnya.

M. Iqbal, seorang atlet berprestasi dari SMA Negeri 14 Padang yang juga menerima beasiswa, menyampaikan kebanggaannya bisa mendapatkan bantuan dari PT Semen Padang. “Beasiswa ini sangat berarti bagi saya dan membuat saya termotivasi untuk terus berprestasi, baik di bidang akademik maupun olahraga,” katanya. (*)