Menyelami mimpi Annisa membangun pabrik pupuk organik di Dharmasraya

id Cabup Dharmasraya, Annisa, Leli, Polkada

Menyelami mimpi Annisa membangun pabrik pupuk organik di Dharmasraya

Calon Bupati Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar) Annisa Suci Ramadhani jemput aspirasi masyarakat. (ANTARA/HO)

Pulua Punjung (ANTARA) - Calon Bupati Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar) Annisa Suci Ramadhani memiliki cita-cita untuk membangun pabrik pupuk jika nanti terpilih menjadi Bupati.

Pabrik pupuk itu dibangun sebagai tempat untuk mengubah limbah atau sampah di lingkungan masyarakat menjadi pupuk organik yang bisa dimanfaatkan oleh petani.

"Salah satu rencana saya nanti adalah mendirikan pabrik pupuk organik yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat petani di Dharmasraya," kata Annisa yang akrab disapa Caca.

Calon bupati perempuan itu mengaku terilhami dari tumpukan sampah atau limbah yang dilihatnya belum terkelola dengan baik.

"Pupuk organik terkenal baik bagi kelangsungan tanah dan hasil panen dalam jangka panjang, tentunya petani bisa mendapatkan manfaat nanti," kata lulusan Universitas Kolombia (Columbia University).

Ia menceritakan sekarang sudah ada teknologi yang mampu memproduksi pupuk organik setara dengan pupuk kimia, dari bahan sampah pasar, rumah tangga, dan limbah industri.

"Jadi pembangunan pabrik pupuk ini punya dua tujuan sekaligus, pertama adalah memenuhi ketersediaan pupuk, kedua menjaga lingkungan dari sampah atau limbah," jelasnya.

Hal itu merupakan bagian dari program unggulannya dengan pasangan Leli Arni yang ingin meningkatkan kesejahteraan pertani sekaligus menjaga lingkungan.

Menurutnya ketika menjadi Bupati nanti, ia akan berjuang semaksimal mungkin untuk mewujudkan pabrik pupuk itu.

Ia sudah mulai memetakan langkah yang perlu dilakukan, mulai dari pemilihan lokasi pabrik hingga kajian teknis yang diperlukan.

Pemerintahannya juga akan membantu para petani dengan alat produksi yang lebih canggih, dibarengi dengan pengemasan serta pemasaran yang lebih baik.

Sehingga jangkauan pasar dari produk tani di Dharmasraya bisa lebih luas demi menyokong pertumbuhan ekonomi ke depan.