UMKM di Kota Solok dapat bantuan modal usaha dan peralatan menjahit

id Pelaku UMKM, Kota Solok, bantuan modal usaha, dan peralatan menjahit

UMKM di Kota Solok dapat bantuan modal usaha dan peralatan menjahit

Sejumlah UMKM di Kota Solok, Sumatera Barat saat mendapatkan bantuan modal usaha dan peralatan menjahit dari Baznas Kota Solok. ANTARA/HO-Diskominfo Kota Solok.

Solok (ANTARA) - Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Solok, Sumatera Barat mendapatkan bantuan modal usaha dan peralatan menjahit dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Solok Elvi Basri di Solok, Selasa, mengatakan, berdasarkan peraturan wali Kota Solok nomor 48 tahun 2023, DPMPTSP berfungsi untuk menyelenggarakan pemberdayaan badan usaha melalui peningkatan kemitraan.

Peningkatan kemitraan tersebut dilaksanakan melalui sub kegiatan fasilitas kemitraan bidang permodalan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota, serta optimalisasi peningkatan dan pemberdayaan UMKM yang memproduksi produk unggulan daerah.

“Dalam hal ini, DPMPTSP Kota Solok telah melakukan kerja sama dengan Baznas Kota Solok untuk memberikan bantuan modal usaha kepada para pelaku UMKM PUD yang sudah dikirimkan nama-namanya kepada Baznas Kota Solok beserta bentuk usaha yang sedang ditekuni," ucap dia.

DPMPTSP Kota Solok dengan Baznas melakukan kolaborasi untuk peningkatan dan pemberdayaan UMKM PUD Kota Solok dengan program yang dimiliki Baznas. Selain itu, juga bisa melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan agar UMKM PUD di Kota Solok bisa di optimalkan.

Elvi juga menyebutkan, jumlah penerima bantuan tersebut berasal dari tujuh peserta dari UMKM PUD dan 22 orang penerima peralatan mesin jahit (Binaan Muslimah Group).

Di samping itu, pemerintahan daerah akan terus melakukan peningkatan UMKM di Kota Solok, melalui DPMPTSP yang berfungsi memfasilitasi dan menyelenggarakan pemberdayaan UMKM di Kota Solok.

DPMPTSP Kota Solok juga telah melakukan pendataan dari berbagai macam UMKM untuk mendapatkan bantuan usaha dengan tujuan supaya UMKM ini terus berjalan dan meningkatkan usahanya dan nantinya akan dimonitoring secara berkala.

"Baznas Kota Solok dengan programnya sangat membantu dalam peningkatan UMKM ini, dalam hal ini Baznas Kota Solok berperan penting untuk memberikan tambahan modal usaha bagi para UMKM yang sudah didata," katanya.

Lebih lanjut, Ketua Baznas Kota Solok, Zaini menyampaikan bahwa dengan adanya bantuan dan pembinaan UMKM PUD yang akan diberikan bantuan, ia berharap adanya peningkatan dan perkembangan agar nantinya bisa menjadi UMKM percontohan baik itu dalam daerah maupun luar daerah.

Bantuan yang diberikan ada berupa modal usaha dan ada yang berupa peralatan sesuai dengan kebutuhan UMKM itu sendiri.