Pemkab Solok Selatan dorong peningkatan kualitas SDM

id Bupati Solok Selatan Khairunas

Pemkab Solok Selatan dorong peningkatan kualitas SDM

Bupati Solok Selatan Khairunas Didampingi Wakil Bupati Yulian Efi menyerahkan bantuan Al Quran kepada penghafal Al Quran di Padang Aro, Jumat.

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan formal dan pendidikan karakter.

"Salah satu upaya dalam mendukung pendidikan yang kami laksanakan melalui bantuan seragam yang diberikan kepada siswa baru mulai dari jenjang TK sampai SLTA se-Kabupaten," kata Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Jumat.

Dia mengatakan, program ini ditujukan untuk meringankan beban para orang tua dan memotivasi para peserta didik dalam belajar.

Bentuk lain yang diberikan untuk mendorong sektor pendidikan ini yakni penyediaan beasiswa untuk murid berprestasi, baik di tingkat SD, SMP, dan SMA maupun untuk masuk ke perguruan tinggi.

Penyerahan seragam untuk sekolah di tingkat SMA dan SMK ini sudah berjalan di tahun kedua, dimulai pada 2022 lalu dan pada tahun ini saja, jumlah seragam untuk SMA dan SMK yang disalurkan sebanyak 4.914 pasang.

Dia berharap, seluruh pelajar di kabupaten ini bisa menjadi sosok pemimpin masa depan, baik itu pemimpin di daerah sendiri maupun di tempat lainnya.

"Anak-anak ini yang sedang belajar saat ini akan menjadi pemimpin. Cita-citakan agar bisa menjadi pemimpin dimanapun. Jalannya bukan jalan yang muda, sulit. Tapi semuanya bisa dicapai karena kerja keras bersama," katanya.

Meski begitu, menurutnya seluruh hal yang dicita-citakan ini bisa dicapai dengan bekerja keras, sebab kesuksesan dan keberhasilan tidak akan datang dengan sendirinya.

Menurut dia, persaingan ke depan akan semakin ketat dan terbuka seiring dengan semakin majunya negara. Untuk itu semua siswa yang saat ini masih di jenjang pendidikan harus betul-betul mempersiapkan diri untuk menyongsong masa depannya.