Sekdaprov Jambi buka "entrepreneurship award" LLDIKTI Wilayah X Ke-VIII 2024

id LLDikti, wilayah X, sekdaprov Jambi, entrepreneurship award

Sekdaprov Jambi buka "entrepreneurship award" LLDIKTI Wilayah X Ke-VIII 2024

Suasana pembukaan"entrepreneurship award" LLDIKTI Wilayah X Ke-VIII 2024. (ANTARA/HO-Hms)

Jambi (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Sudirman secara resmi membuka Entrepreneurship Award LLDIKTI Wilayah X Ke-VIII di rumah dinas gubernur Jambi Kamis malam, (29/8/2024).

Entrepreneurship Award LLDIKTI Wilayah X Ke-VIII akan berlangsung pada 29 - 30 Agustus 2024 dengan Universitas Muhammadiyah Jambi sebagai tuan rumah.

"Pemprov Jambi mengapresiasi pelaksanaan Entrepreneurship Award yang digagas LLDIKTI Wilayah X. Ini sejalan dengan program Pemprov Jambi dalam menekan angka pengangguran. Kehadiran finalis Entrepreneurship Award di Kota Jambi menjadi harapan dalam menghasilkan contoh terbaik, mahasiswa mandiri yang mampu menghidupi diri sendiri dan masyarakat, kata Sudirman di akhir pidato sambutannya.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma mengatakan Entrepreneurship Award LLDIKTI Wilayah X Ke-VIII merupakan salah satu upaya perwujudan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Pelaksanaannya, sudah dimulai sejak tahun 2017 di Padang. Saat itu, Entrepreneurship Award diikuti oleh PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau). Pada tahun 2022 lalu, ajang wirausaha mahasiswa ini mulai diselenggarakan secara nasional. Seluruh PTS Indonesia bisa berpartisipasi dan berkompetisi dalam kategori rencana bisnis dan bisnis berjalan," terang Kepala LLDIKTI Wilayah X.

Tahun ini merupakan pelaksanaan dengan jumlah peserta terbanyak. Total ada 1333 (1152 kategori rencana bisnis dan 181 kategori bisnis berjalan) peserta dari PTS seluruh Indonesia ikut mendaftar pada program unggulan LLDIKTI Wilayah X.

Jumat 30 Agustus 2024, di Universitas Muhammadiyah Jambi 100 Finalis Entrepreneurship Award LLDIKTI Wilayah X Ke-VIII (50 peserta kategori Rencana Bisnis dan 50 kategori Bisnis Berjalan) akan berkompetisi menjadi wirausaha muda terbaik.

Peserta dari kategori Bisnis Berjalan akan menggelar expo di pelataran kampus Universitas Muhammadiyah Jambi. Sementara itu, peserta dari kategori Rencana Bisnis akan mempresentasikan proposalnya di hadapan dewan juri.

"Harapan kita bersama, kegiatan ini menghasilkan mahasiswa Indonesia yanng mampu menjadi entrepreneur muda yang kreatif dan inovatif sesuai dengan tema Entrepreneurship Award LLDIKTI Wilayah X Ke-VIII, yaitu Implementasi MBKM Melalui Ajang Entrepreneurship Award untuk menumbuhkembangkan wirausaha muda yang kreatif dan inovatif, " ucap Afdalisma.

Pada kesempatan tersebutt, Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi Hendra Kurniawan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan LLDIKTI Wilayah X kepada UM Jambi sebagai tuan rumah penyelenggaraan Entrepreneurship Award Ke-VIII. (*HR)