Pemkot Pariaman beri bantuan untuk warga terdampak banjir

id Pemkot Pariaman

Pemkot Pariaman beri bantuan untuk warga terdampak banjir

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pariaman, Sumbar Azman beserta aparatur di lingkungan Pemkot Pariaman menyalurkan bantuan makanan kepada warga. Antara/HO-Pemkot Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memberikan bantuan makanan untuk warga yang rumahnya terendam banjir akibatnya tingginya intensitas hujan yang mengguyur daerah itu semenjak Senin (26/8) sampai hari ini.

"Kami memberikan makanan siap saji seperti nasi bungkus dan mie instan serta juga ada beras yang sumber dananya berasal dari Belanja Tidak Terduga (BTT)," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota Pariaman Yaminurizal saat melaksanakan usai rapat tanggap darurat bencana banjir di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan bantuan yang diberikan tersebut merupakan bentuk hadirnya pemerintah di tengah-tengah warga yang mengalami musibah banjir dan merendam rumah mereka sehingga menyulitkan beraktivitas.

Ia berharap tidak ada korban jiwa akibat banjir dan pohon tumbang yang terjadi di daerah itu serta bencana tersebut tidak berdampak pada perekonomian warga setempat

"Semoga hujan segera reda, sehingga kehidupan masyarakat kembali normal," katanya.

Ia menyampaikan pemberian bantuan tersebut setelah Pemkot Pariaman melaksanakan rapat tanggap darurat melalui Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana setempat pada Selasa pagi .

Rapat tersebut, lanjutnya dilaksanakan juga untuk menindaklanjuti instruksi Penjabat Walikota Pariaman Roberia untuk merumuskan hal-hal yang akan dilakukan terhadap kondisi di lapangan.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Riky Falantino mengatakan rapat tersebut tidak saja untuk percepatan pemberian bantuan makanan kepada korban banjir namun juga mendata kebutuhan korban serta infrastruktur yang rusak.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman, Sumatera Barat menyebut banjir akibat tingginya curah hujan yang mengguyur semenjak Senin (26/8) sampai dengan hari ini mengakibatkan merendam sejumlah warga di daerah itu.

"Curah hujan yang tinggi yang terjadi terus menerus sejak hari Senin malam mengakibatkan terjadinya beberapa wilayah di Kota Pariaman mengalami kebanjiran dan berdampak terendamnya rumah warga," kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kota Pariaman Azman di Pariaman.

Ia menyebutkan setidaknya ada 13 lokasi di Pariaman yang mengalami kebanjiran dengan ketinggian bervariasi sehingga rumah yang ada di daerah itu terendam.

Ia menyampaikan setelah mendapat laporan dari masyarakat setempat pihaknya mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk meninjau lokasi yang terdampak banjir.