Pendaftaran pasangan bakal calon bupati Yulianto-M Ihpan meriah, diantar pendukung dengan jalan kaki

id Yulianto-M Ihpan,berita pasbar,pilkada 2024 pasbar,berita sumbar

Pendaftaran pasangan bakal calon bupati Yulianto-M Ihpan meriah, diantar pendukung dengan jalan kaki

Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat Yulianto-M Ihpan saat di arak oleh pendukungnya dengan berjalan kaki menuju KPU saat pendaftaran, Selasa (27/8/2024). Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat (ANTARA) - Pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil Pasaman Barat, Sumatera Barat Yulianto- M Ihpan menuju Komisi Pemilihan Umum (KPU) berjalan meriah dengan arakan berjalan kaki lebih dari seribu pendukung sepanjang jalan protokol daerah itu.

Dengan memakai baju warna putih, para pendukung pasangan yang diusung oleh Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu terlihat begitu semangat tidak henti-hentinya sepanjang 700 meter menyuarakan yel-yel '"Berlian" atau Bersama Yulianto-M Ihpan.

Bakal Calon Bupati Pasaman Barat Yulianto didampingi M Ihpan mengajak seluruh masyarakat Pasaman Barat untuk menciptakan Pilkada yang aman, damai dan "badunsanak" atau bersaudara.

Menurutnya ia sangat menghormati pasangan calon lain yang akan tampil pada Pilkada 2024.

"Mari berikan contoh yang baik kepada masyarakat bagaimana menjalankan demokrasi ini. Mari berkompetisi dengan sehat dan suguhkan visi misi untuk membangun Pasaman Barat," ajaknya.

Ia menyadari pimpinan daerah tidak bisa berbuat apa-apa tanpa adanya dukungan masyarakat.

"Untuk itu mari bersama-sama membangun Pasaman Barat ini dengan kebersamaan untuk mewujudkan Pasaman Barat maju, sejahtera yang berkeadilan berlandaskan agama dan budaya," sebutnya.

Ketua KPU Pasaman Barat Alfi Syahri mengatakan pasangan Yulianto-M Ihpan merupakan pasangan kedua yang telah menyerahkan persyaratan pendaftaran ke KPU pada hari ini, Selasa.

Menurutnya KPU telah melaksanakan sejumlah persiapan tahapan Pilkada 2024. Tahapan pertama pengumuman pendaftaran bakal calon pada 24-26 Agustus 2024.

Lalu pendaftaran bakal calon pada 27-29 Agustus 2024, pemeriksaan kesehatan bakal calon pada 27 Agustus-2 September, penelitian dan pemeriksaan berkas administrasi bakal calon pada 5-6 September termasuk masukan dan keabsahan berkas bakal calon.

Kemudian penetapan calon tetap pada 22 September dan pengundian nomor urut pada 23 September 2024.

"Sosialisasi dan rapat koordinasi dengan lintas sektoral telah kita lakukan dalam upaya kelancaran proses pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024," katanya.

Ia berharap semua tahapan Pilkada dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya gangguan yang berarti.

"Harapan agar Pilkada 2023 berjalan dengan sejuk, damai dan riang gembira," harapnya.

Ia menyebutkan sesuai data yang masuk pada Rabu (28/8) bakal ada pasangan calon lainnya yang akan mendaftar ke KPU. **2**