Enam Anggota DPRD Pasaman dari Demokrat dilantik

id DPC Partai Demokrat Kabupaten Pasaman,Bupati Pasaman, Sabar AS

Enam Anggota DPRD Pasaman dari Demokrat dilantik

Bupati Pasaman, Sabar AS di acara Rapat paripurna Anggota DPRD baru dilantik menjadi anggota DPRD Pasaman periode 2024-2029, Senin.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Pasaman mengingatkan rangkaian tugas berat yang menghadang anggota DPRD Pasaman dari Partai Demokrat yang baru saja dilantik dan diambil sumpah jabatannya.

"Satu tahapan memang sudah dilalui menyusul setelah Saudara-saudara semua dilantik dan diambil sumpah jabatannya sebagai anggota DPRD Pasaman periode 2024-2029," ujar ketua yang diwakili Sekretaris DPC Demokrat Pasaman, Harissuddin.

Harisuddin mengatakan hal itu dalam sebuah pertemuan di Gedung Syamsir Thaib Lubuk Sikaping, Selasa, usai sebanyak enam kader Demokrat dilantik bersama kader partai-partai lainnya untuk menjadi anggota DPRD Pasaman periode 2024-2029.

Ketua DPC Demokrat Pasaman Sabar AS tidak hadir dalam acara itu karena setelah pelantikan anggota DPRD Pasaman langsung terbang ke Kalimantan menghadiri kegiatan di IKN. Selain kader yang dilantik menjadi anggota DPRD Pasaman, tampak juga hadir sejumlah pengurus DPC Demokrat, para pendukung, simpatisan dan lainnya.

Menurut Harisuddin, setelah sah menyandang status sebagai wakil rakyat, tugas selanjutnya adalah bagaimana memikul amanah itu dengan penuh rasa tanggung jawab.

Terutama, tambah Harisuddin, bagaimana setiap kader Demokrat yang dipercaya duduk di lembaga legislatif bisa semaksimal mungkin memperjuangkan aspirasi yang ditumpangkan masyarakat kepada masing-masing legislator.

Diingatkan Harisuddin, semakin banyak kader Demokrat yang bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat dengan baik di lembaga legislatif akan berimbas terhadap partai tempat bernaung, yaitu Partai Demokrat.

Selain memperjuangkan aspirasi masyarakat, menurut Harisuddin, para legislator dari Partai Demokrat juga memikul tugas lainnya yang tidak kalah berat, yaitu pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pasaman 2024.

"Demokrat Pasaman sudah menetapkan seorang kader terbaiknya untuk maju di Pilkada Pasaman 2024," ungkapnya. Tinggal lagi bagaimana semua elemen partai di daerah ini untuk melakukan upaya-upaya buat memenangi pertarungan.

"Target kita adalah menang, dan setiap kemenangan menuntut perjuangan," ujar Harisuddin, sambil menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan merumuskan sejumlah strategi untuk itu.

Apir, salah seorang kader Partai Demokrat yang baru dilantik menjadi anggota DPRD Pasaman mengaku lega setelah dilantik.

"Akhirnya rangkaian perjuangan kita selama ini ada hasilnya," ujar Apir.

Setelah sah menjadi anggota dewan, menurut Apir, ia bertekad akan berbuat maksimal sesuai dengan tupoksi yang ada. "Terutama untuk mengawasi jalannya roda pemerintahan agar berjalan dengan baik," ungkapnya.

Apir juga mengingatkan, sebagai anggota DPRD Pasaman dirinya tidak punya visi dan misi, berbeda dengan kepala daerah dan wakilnya. "Tugas kita ada tiga, yaitu legislasi, penganggaran, dan pengawasan," tandasnya.

Yunzar Lubis, tokoh penasehat dari Partai Demokrat, mengharapkan agar semua unsur di Demokrat Pasaman memberikan dukungan agar kader Demokrat yang duduk di DPRD Pasaman mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

"Kita juga memiliki tanggung jawab untuk selalu menjaga kehormatan mereka sebagai wakil rakyat," ungkap Yunzar lagi.