Pariaman raih penghargaan UHC untuk kedua kalinya

id Pariaman raih penghargaan UHC ,BERITA PARIAMAN,BERITA SUMBAR

Pariaman raih penghargaan UHC untuk kedua kalinya

Penjabat Walikota Pariaman, Sumbar Roberia (tengah) berfoto bersama usai menerima Penghargaan UHC untuk Kota Pariaman. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat tahun ini kembali menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kategori Utama karena seluruh warga di daerah itu terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Pencapaian ini diraih karena masyarakat Kota Pariaman yang terdaftar dalam program JKN mencapai sempurna atau seratus persen dari total populasi penduduk yang mencapai 99.484 jiwa per Januari 2024," kata Penjabat Walikota Pariaman Roberia di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan dengan tingginya kepesertaan JKN tersebut maka seluruh warga Pariaman telah memiliki perlindungan mengakses layanan kesehatan dalam beberapa tahun terakhir bahkan mendapatkan penghargaan UHC dua tahun berturut-turut.

Roberia menyampaikan Pemerintah Kota Pariaman akan terus berkomitmen mempertahankan cakupan kepesertaan 100 persen tersebut serta meningkatkan tingkat keaktifan peserta yang saat ini baru 88 persen.

"Terima kasih banyak kepada seluruh stakeholder dan seluruh masyarakat yang telah konsisten dalam membantu mendukung terlaksananya UHC di Kota Pariaman," katanya.

Diketahui Penghargaan UHC Awards 2024 tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy kepada Roberia, di Jakarta TImur pada Kamis (8/8).

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Hendri Putra berharap pihaknya dapat mempertahankan cakupan kepesertaan JKN di daerah itu sehingga seluruh warga terlindungi.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat berkomitmen mempertahankan capaian Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan universal semenjak 2020 guna memberikan pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap warganya.

"Ini tahun ketiga Pariaman mencapai UHC. Sebenarnya kalau berobat gratis untuk warga miskin sudah diterapkan di Pariaman semenjak 2014," kata Kepala Dinas Kesehatan Pariaman Nazifah di Pariaman, Selasa.

Selanjutnya, kata dia Pariaman mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sehingga memperkuat layanan kesehatan dari pemerintah daerah itu kepada warganya.

Ia menyebutkan Pemkot Pariaman menganggarkan dana dari APBD sebesar Rp11 miliar setiap tahunnya untuk membayar premi kepesertaan warga miskin sehingga cakupan UHC daerah itu saat ini bisa mencapai 99,6 persen dari sekitar 98 ribu jumlah penduduk.