Panitia sebut belum ada aduan soal PPDB SMA/SMK di Sumbar

id PPDB online, Sumbar

Panitia sebut belum ada aduan soal PPDB SMA/SMK di Sumbar

Tangkapan layar dashboard PPDB online Sumbar 2024. ANTARA/Miko Elfisha

Padang (ANTARA) - Ketua Panitia PPDB online SMA dan SMK Sumatera Barat, Mahyan, menyebut hingga saat ini belum ada masukan atau pun aduan terkait proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA dan SMK di daerah itu.

"Prosesnya berjalan dengan baik dan lancar. Hingga proses PPDB online SMA/SMK berakhir, belum ada pengaduan yang masuk ke panitia," ujarnya di Padang, Jumat.

Ia mengatakan panitia PPDB online membuka ruang bagi masyarakat jika ingin mengajukan pengaduan bila mendapati permasalahan di lapangan.

Ruang untuk pengaduan itu dibuka pada "dashboard" aplikasi PPDB online yang disediakan oleh Dinas Kominfotik Sumbar.

Masyarakat yang ingin mengajukan pengaduan bisa mengirimkannya lewat dashboard PPDB online Sumbar 2024 dengan mencantumkan alamat surel dan nomor kontak. Admin kemudian menyampaikan pengaduan kepada panitia. Jawaban dari panitia akan disampaikan kepada masyarakat yang mengadu lewat surel.

Berdasarkan data dashboar PPDB online Sumbar 2024, sebanyak 82.937 siswa tamatan SMP mendatar untuk masuk dalam SMA dan SMK di Sumbar melalui beragam jalur yang disediakan.

Sementara itu Kepala Perwakilan Ombudsman Sumbar, Yefri Heriani, menyebut pihaknya ikut melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan PPDB online 2024.

"Ada tiga laporan yang masuk ke Ombudsman terkait dengan jalur afirmasi untuk disabilitas yang dinilai tidak secara jelas menginformasikan kuota," ujarnya.

Ia menyebut pengaduan itu sudah ditindaklanjuti dan Dinas Pendidikan Sumbar memastikan mereka akan diterima dengan memastikan hasil asesmen yang menjadi syarat bagi calon peserta didik baru untuk disabilitas.