Pemkab Tanah Datar bantu delapan ambulans untuk desa/nagari

id ambulance, tanah datar, eka putra

Pemkab Tanah Datar bantu delapan ambulans untuk desa/nagari

Tingkatkan pelayanan kesehatan, Pemkab Tanah Datar salurkan bantuan mobil sehat untuk nagari. (ANTARA/Etri Saputra)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat memberikan bantuan delapan unit mobil sehat atau mobil ambulans dengan fasilitas perawatan lengkap kepada nagari (desa) di daerah itu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar, Selasa mengatakan dari delapan ambulans yang rencananya disediakan pada 2024, telah diserahkan tiga ambulans hingga Juli 2024.

"Tiga ambulans yang diserahkan itu untuk Desa atau Nagari Panyalaian, Pangian dan Tapi Selo. Sisanya akan kita salurkan dalam waktu dekat," katanya.

Eka Putra mengatakan bantuan mobil ambulans tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat desa/nagari.

"Kami pemerintah daerah ingin di nagari itu ada tersedia mobil ambulans dengan fasilitas lengkap sebagai upaya mendekatkan jangkauan pelayanan kesehatan bagi masyarakat," kata dia.

Dia mengatakan, bantuan mobil itu dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pada Dinas Kesehatan Tanah Datar tahun 2024.

Nagari yang menerima diharapkan bisa memaafkan bantuan tersebut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang ada di kampung halaman mau yang berada di perantauan.

Selain bantuan ambulans, Pemkab Tanah Datar juga memberikan pelayanan berobat gratis untuk masyarakat yang tidak mampu yang tidak mempunyai BPJS Kesehatan.

"Silahkan datang ke Rumah Sakit Umum daerah Ali Hanafiah Batusangkar apapun jenis penyakitnya. Meskipun tidak punya BPJS, akan tetap kita bantu," katanya.

Salah seorang Wali Nagari penerima bantuan mobil sehat, Hijrah Adi Syukrial mengatakan bantuan mobil tersebut sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Terima kasih atas segala bentuk bantuan dari pemerintah daerah, baik itu bantuan mobil ambulans-nya dan bantuan lainnya yang manfaatnya telah dirasakan masyarakat, khususnya di Nagari Pangian," kata dia.