93 peserta Saga Saja ikuti tes masuk Telkom University

id peserta Saga Saja pariaman,pemkot pariaman,berita pariaman,berita sumbar

93 peserta Saga Saja ikuti tes masuk Telkom University

 Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Kota Pariaman, Sumbar Hertati Taher sedang memberikan arahan saat meninjau pelaksanaan ujian di Pariaman, Jumat. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Sebanyak 93 orang warga Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) yang menjadi peserta program unggulan bidang pendidikan dari pemerintah setempat Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) mengikuti 'Computer Assisted Test' (CAT) untuk masuk Telkom University (Tel U).

“Sebenarnya ada 112 peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti ujian masuk Tel U, namun yang datang saat ini hanya 93 peserta," kata Staf Ahli Walikota Pariaman Bidang Sumberdaya Manusia dan Kemasyarakatan Hertati Taher saat meninjau pelaksanaan ujian di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan Saga Saja merupakan salah satu program unggulan yang banyak diminati warga Pariaman karena pemerintah kota (Pemkot) setempat memfasilitasi warga kurang mampu untuk dapat menempuh pendidikan tinggi guna membantu memperbaiki perekonomian keluarga mereka.

Setidaknya, lanjutnya Pemkot Pariaman telah menjalin kerjasama dengan 12 perguruan tinggi baik yang berada di Sumbar maupun di luar provinsi tersebut salah satunya Tel U.

"Program ini telah mendapatkan banyak apresiasi dan berbagai pihak," katanya.

Diketahui ujian tersebut dilaksanakan pada hari ini di tiga sekolah di daerah itu yaitu SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 3 Kota Pariaman dengan jadwal pelaksanaan mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB.

Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman Zalman Zaunit mengatakan peserta Saga Saja yang ingin bergabung masuk Tel U tidak dipungut biaya.

“Sejak menjalin kerja sama dengan Tel U, peserta Saga Saja saat melakukan pendaftaran tidak dipungut biaya," ujarnya.

Ia menyampaikan apabila saat ini peserta belum berhasil bergabung maka masih ada kesempatan untuk mengikuti ujian di perguruan tinggi lainnya yang telah menjalin kerjasama dengan Pemkot Pariaman sesuai dengan formulir yang diisi pada saat pendaftaran.