Pariaman berangkatkan 23 peserta program Saga Saja kuliah di Tel-U

id pemkot Pariaman ,berita Pariaman ,berita sumbarf

Pariaman berangkatkan 23 peserta program Saga Saja kuliah di Tel-U

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Setdako Pariaman, Sumbar Hertati Taher saat melepas keberangkatan 23 mahasiswa Tel-U tersebut ke Bandung di Pariaman, Senin. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memberangkatkan 23 remaja dari keluarga kurang mampu yang merupakan peserta program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) untuk mengikuti pendidikan di Telkom University (Tel-U) di Bandung.

"Ini merupakan tahun ke tiga Pemkot Pariaman mengirimkan peserta Saga Saja untuk kuliah di Tel-U yang merupakan salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia,” kata Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Setdako Pariaman, Hertati Taher saat melepas keberangkatan 23 mahasiswa Tel-U tersebut ke Bandung di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan peserta dari salah satu program unggulan Pemkot Pariaman tersebut merupakan tamatan SMA sederajat yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu sehingga pemerintah setempat membantu membiayai pendidikannya hingga selesai asalkan memenuhi syarat yang ditetapkan.

Oleh karena itu, lanjutnya ia menekankan kepada 23 peserta Saga Saja tersebut untuk mengikuti perkuliahan dengan serius dan mengikuti jejak peserta sebelumnya yang memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas 3.

“Kami menginginkan semuanya berhasil menamatkan kuliahnya dan nantinya menjadi orang yang sukses. Kalau gagal kuliahnya atau IPK kurang dari 2,75, maka konsekuensinya jelas, pembiayaan Saga Saja ini akan kami putus,” katanya.

Menurutnya semenjak program tersebut diluncurkan pada 2018 telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan sumber daya manusia khususnya untuk generasi muda yang berasal dari masyarakat kurang mampu di daerah itu.

Hal tersebut karena generasi muda khususnya tamatan SMA sederajat di daerah itu dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang biayanya dari Pemkot Pariaman dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

Hertati merincikan 23 peserta Saga Saja yang lulus di Tel-U tersebut terdiri dari 20 orang dibiayai oleh Pemkot Pariaman bersama Baznas sedangkan tiga peserta lainnya mendapatkan beasiswa dari perguruan tinggi itu.

“Untuk tiga orang lagi dapat beasiswa yang ditanggung oleh Tel-U sampai selesai. Mereka lulus melalui jalur prestasi di sekolahnya, berdasarkan nilai rapor dari semester 1 sampai 5 ,” ujarnya.

Diketahui tahun ini ada 42 peserta Saga Saja yang lulus di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan Pemkot Pariaman. Selain di Tel-U, lanjutnya para peserta Saga Saja tersebut juga ada yang lulus di Politeknik Negeri Padang, Universitas Andalas Padang, Politeknik Pekerjaan Umum Semarang, Institut Teknologi PLN Jakarta.