Pemkot Sawahlunto sudah atasi banjir dan longsor

id Pemkot Sawahlunto

Pemkot Sawahlunto sudah atasi banjir dan longsor

Penjabat Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan meninjau penanganan banjir di Kelurahan Durian I, Sabtu. (Antarasumbar/Yudha Ahada)

Sawahlunto (ANTARA) - Pemkot Sawahlunto, Sumatera Barat telah mengatasi bencana banjir dan longsor yang melanda sejumlah desa dan kelurahan di kota itu pasca hujan deras sejak Jum'at malam (14/06) sampai Sabtu pagi (15/06).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Sawahlunto Dedi Ardona, di Sawahlunto, Sabtu menyampaikan jajarannya sudah langsung turun sejak malam hari untuk melakukan evakuasi warga dan penanganan bencana.

"Dalam laporan yang kami terima tercatat lima titik banjir, dua titik pohon tumbang, dan dua ruas jalan terputus oleh tanah longsor. Semua titik tersebut sudah dalam penanganan Tim Reaksi Cepat (TRC), ada yang sudah selesai dan ada yang masih dalam proses pengerjaan," kata dia.

Ia menyebut di Desa Lunto Barat pada Jum'at malam (14/06) terjadi peningkatan volume air sungai Batang Lunto sehingga meluap dan hampir menggenangi rumah warga.

"Karena meluapnya air sungai itu tinggi dan mengkhawatirkan maka warga di pinggiran sungai tersebut mengungsi ke rumah keluarga/tetangga. Namun update informasi dari Pemerintah Desa setempat pada siang ini warga sudah kembali ke rumah masing-masing karena air sungai sudah surut dan normal kembali," ujarnya merinci.

Dedi Ardona menyampaikan titik bencana banjir, longsor dan pohon tumbang tersebut terjadi pada semua Kecamatan di Kota Sawahlunto.

"Kecamatan Silungkang itu banjir di dua desa, Lembah Segar banjir di satu desa dan ruas jalan dua desa dilanda longsor, di Barangin satu desa dan satu kelurahan banjir, di Talawi satu ruas jalan banjir dan satu ruas jalan menuju tiga desa longsor," ujarnya merinci.

Camat Barangin Subandi menyatakan di Kelurahan Durian I banjir melanda delapan unit rumah, satu mushalla dan satu PAUD.

Kemudian di Kelurahan Lubang Panjang satu SDLB ditambah satu unit rumah yang dilanda banjir tersebut.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan menyampaikan Pemkot sudah langsung bergerak cepat melakukan evakuasi dan penanganan bencana.

"Alhamdulillah situasi sudah terkendali, sudah tertangani dengan baik. Terima kasih kepada semua jajaran dan pihak-pihak lain yang sudah ikut terlibat dalam penanganan bencana ini," kata dia.

Ia menyebut Pemkot terus memonitor dan siap siaga untuk kebutuhan warga maupun fasilitas yang terdampak bencana itu.