Mendes RI yakin pengembangan digitalisasi tak gerus budaya desa

id MENDES

Mendes RI yakin pengembangan digitalisasi tak gerus budaya desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar saat ditemui wartawan usai membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Digital Desa Cerdas Fase III Tahun 2024 di Jakarta, Jumat (31/5/2024). ANTARA/Tri Meilani Ameliya

Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meyakini pengembangan digitalisasi di desa-desa di Tanah Air tidak akan menggerus beragam budaya dan tradisi yang ada di desa.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Halim itu, saat ditemui usai membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Digital Desa Cerdas Fase III Tahun 2024 di Jakarta, Jumat, pengembangan digitalisasi justru akan mampu memperkuat budaya dan tradisi yang ada di desa-desa.

"Pasti enggak (menggerus budaya dan tradisi desa), justru malah memperkuat," ujar dia menanggapi pertanyaan wartawan mengenai kemungkinan digitalisasi menggerus budaya dan tradisi lokal dari desa.

Ia lalu menjelaskan digitalisasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari oleh manusia masa kini sehingga sudah sepatutnya masyarakat desa pun beradaptasi dengan keberadaan digitalisasi.

"Ada digital di desa atau tidak ada digital, digitalisasi berjalan terus," kata dia.

Untuk mengarahkan digitalisasi agar benar-benar bermanfaat bagi kemajuan desa, kata dia melanjutkan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) lantas menggelar Bimtek Kader Digital Desa Cerdas Fase III Tahun 2024 itu.

Melalui bimtek tersebut, para Kader Digital Desa Cerdas yang dikirim oleh setiap desa di Tanah Air dibimbing, dilatih, dan diajarkan untuk memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung percepatan pembangunan di desa dan membudayakan budaya digital yang tepat kepada masyarakat desa di sekitarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (BPI Kemendes PDDT) Ivanovich Agusta telah menyampaikan bahwa terdapat sebanyak 3.000 kader dari desa di seluruh. Kader-kader itu, menurut Ivan, dipilih langsung oleh pihak desa asal mereka.

"Itu (Kader Digital Desa Cerdas) langsung dari desanya sendiri yang mengusulkan. Jadi, ada kedaulatan desa untuk mengusulkan kadernya," ucapnya.

Metode pembimbingan yang digunakan dalam bimtek tersebut adalah pendalaman modul, penugasan kelompok, pembelajaran mandiri, dan presentasi hasil penugasan. Lalu, ada pula pre-test dan post-test untuk seluruh peserta.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendes yakin pengembangan digitalisasi tak gerus budaya desa