Bawaslu Pasaman Barat berlakukan tes tertulis metode CAT bagi calon anggota panwaslu kecamatan

id Bawaslu Pasaman Barat,Pilkada 2024 paasbar,Berita pasbar

Bawaslu Pasaman Barat berlakukan tes tertulis metode CAT bagi calon anggota panwaslu kecamatan

Bawaslu Pasaman Barat memberlakukan tes tertulis menggunakan metode CAT bagi calon anggota panwaslu kecamatan Pilkada 2024. (Antara/Altas Maulana). 

Simpang Empat (ANTARA) - Badan Pengawasan Pemilu Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat akan memberlakukan tes tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) bagi calon panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 agar hasilnya lebih akurat dan transparan.

Ketua Bawaslu Pasaman Barat Wanhar di Simpang Empat, Senin, mengatakan sebanyak 87 orang calon panwaslu kecamatan akan mengikuti tes tertulis pada 13-14 Mei 2024 di SMA 1 Pasaman.

"Kita telah mengumumkan 87 orang calon panwaslu kecamatan yang lulus seleksi administrasi. Mereka akan memperebutkan 17 tempat nantinya di 10 kecamatan," katanya.

Dengan tes menggunakan komputer maka hasilnya lebih akurat dan langsung diketahui oleh peserta.

Untuk itu, katanya, kepada para peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan maksimal mempelajari peraturan terkait kepemiluan dan informasi kepemiluan.

Menurutnya Bawaslu Pasaman Barat akan menerima anggota panwaslu kecamatan sebanyak 17 orang di 10 kecamatan. Kebutuhan itu setelah adanya evaluasi panwaslu kecamatan di masing-masing wilayah (existing).

"Dari hasil evaluasi maka yang lulus hanya 16 orang. Sedangkan kebutuhan untuk 11 kecamatan 33 orang. Makanya 17 orang lagi dilakukan seleksi," ujarnya.

Ia mengimbau kepada calon anggota panwaslu kecamatan agar memperhatikan tata tertib diantaranya adalah peserta wajib membawa dan menunjukan kartu peserta yang di cocokkan dengan kartu tanda penduduk, peserta wajib berpakaian sopan dan rapi, bagi laki-laki memakai baju putih celana hitam dan perempuan memakai baju putih dan rok hitam.

Selain itu peserta membawa peralatan tulis, peserta dilarang membawa alat komunikasi atau benda apapun kedalam ruangan pelaksanaan tes dan tata tertib lainnya.

Dengan adanya tertulis melalui sistem CAT itu, ia berharap tenaga panwaslu kecamatan terpilih memang benar-benar menguasai aturan kepemiluan.

Untuk pengumuman lulus tertulis dilakukan pada 17 Mei, tes wawancara 18-20 Mei, pengumuman peserta yang lulus 23 Mei dan pelantikan calon anggota terpilih pada tanggal 24-25 Mei 2024.***2***