Kakanwil Kemenag Sumbar Luncurkan PTSP Kemenag Agam

id PTSP kemenag Agam,kemenag Agam

Kakanwil Kemenag Sumbar Luncurkan PTSP Kemenag Agam

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar Hendri (dua kanan) anggota DPRD Sumbar Syafril Huda (kanan), Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Agam Mulyadi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Agam Edi Oktaviandi menekan tombol peluncuran pelayanan terpadu satu pintu Kemenag Agam, Selasa (4/12). (ANTARA SUMBAR/Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Hendri meluncurkan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) milik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat setempat, Selasa (4/12).

Peluncuran PTSP itu ditandai dengan penekanan tombol serine oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar Hendri, anggota DPRD Sumbar Syafril Huda, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Agam Mulyadi dan Kepala Kantor Kementerian Agama Agam Edi Oktaviandi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar Hendri di Lubukbasung, Selasa, mengatakan, PTSP Kemenag Agam merupakan yang kelima yang telah diluncurkan dan PTSP Kemenag Agam melayani 57 pelayanan.

"Kita menargetkan seluruh Kantor Kemenag di Sumbar memiliki PTSP pada Desember 2018," katanya.

Sebelumnya, tambah mantan Kepala Kementerian Agama Agam ini, empat Kemenag telah meluncurkan PTSP yakni, Kemenag Bukitinggi untuk 37 pelayanan, Kemenag Padang untuk 36 pelayanan, Kemenag Limapuluh Kota untuk 120 pelayanan dan Kemenag Pasaman untuk 130 pelayanan.

Dengan adanya PTSP itu pihaknya berharap agar petugas pelayanan menjaga sikap bagaimana melayani masyarakat dengan baik, sehingga keberadaan PTSP dirasakan oleh masyarakat.

Selain itu, menjaga kemampuan staf dalam melayani agar pelayanan betul-betul memuaskan bagi masyarakat, berkualitas dan lainnya.

"Berikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat saat berurusan di Kemenag," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Agam Edi Oktaviandi menambahkan, ke 57 pelayanan itu diantaranya, pelayanan haji, pelayanan pendidikan dan lainnya.

"PTSP ini telah dimulai semenjak beberapa bulan lalu oleh pelaksana tugas Kepala Kantor Kemenag Agam, namun belum diluncurkan. Kita akan menurunkan PTSP itu ke tingkat Kantor Urusan Agama (KUA) dan sekolah dibawah naungan Kemenag Agam," katanya.

Ia menambahkan, dukungan dari pemerintah setempat sangat dibutuhkan dalam menjalankan PTSP tersebut, sehingga target dari program ini berjalan dengan maksimal.

"Kita juga membutuhkan masukan dari masyarakat dalam pembenahan pelayanan," tambahnya.

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Sekretariat Agam Mulyadi, mengatakan, pemerintah siap membantu Kemenag dalam menjalankan program untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, karena keberadaan PTSP ini sangat keharusan di suatu lembaga pemerintah.

"PTSP merupakan jawaban terhadap tuntunan zaman untuk memberikan pelayanan tepat dan cepat. Program ini sebuah kemajuan bagi Kemenag sehingga pelayanan bisa efesien baik dari segi waktu, tenaga dan biaya," katanya.

Selain pelayanan kepada masyarakat, tambahnya, pelayanan bagi pegawai di Kemenag itu juga jadi prioritas apalagi jajaran Kemenag cukup banyak memiliki ASN.

Ke depan, ia berharap jajaran Kemenag bisa menjalankan PTSP itu dan pegawai paham terhadap pelayanan sehingga jajaran bisa menjelaskan secara detail.

"Jangan sampai setelah diluncurkan, pelayanan tidak berjalan dengan baik atau tidak sempurna," tegasnya.

Anggota DPRD Sumbar Syafril Huda memberikan apresiasi kepada Kemenag yang telah meluncurkan PTSP.

"Dengan diluncurkan PTSP makan dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan pengurusan surat dan pendaftaran haji di lembaga itu," kata politisi PPP ini. (*)