Tanah Datar kembali menjadi terbaik satu pada PPD 2024 tingkat provinsi

id Pemkab Tanah Datar,berita tanah datar,berita sumbar,PPD 2024 tingkat provinsi

Tanah Datar kembali menjadi terbaik satu pada PPD 2024 tingkat provinsi

Pemkab Tanah Datar kembali menjadi terbaik satu pada penilaian PPD 2024 Tingkat Provinsi (Antara/HO)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali meraih penghargaan kabupaten terbaik pertama dalam Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024 tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Iqbal Ramadi Payana yang mewakili Bupati Tanah Datar pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) terintegrasi Provinsi Sumatera Barat di Padang Kamis, (18/4).

Sekda mengatakan capaian penghargaan PPD tingkat provinsi tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak yang telah mendukung setiap program pemerintah daerah.

"Alhamdulillah Kabupaten Tanah Datar kembali menjadi terbaik satu pada Penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah tahun 2024 tingkat Provinsi Sumatera Barat," kata dia.

Sekda mengatakan, Pada penilaian PPD tahun ini Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengangkat inovasi satu nagari satu event.

Program satu nagari satu event merupakan salah satu program unggulan Bupati Tanah Datar yang dapat memberikan multyplier effect dan kesejahteraan masyarakat, baik itu dalam bentuk pelestarian adat dan budaya, kuliner, destinasi wisata, hingga peningkatan ekonomi.

"Dengan digelarnya satu nagari satu event akan tergalinya potensi yang ada di nagari, baik budaya, adat sekaligus untuk melestarikannya, termasuk juga kuliner UMKM dan objek wisata yang ada di nagari itu," kata dia.

Selain itu kata Sekda, pada Musrembang terintegrasi Provinsi Sumatera Barat tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar juga menerima penghargaan sebagai Kabupaten yang telah mencapai angka kemiskinan ekstrim 0 persen tahun 2023 dari Gubernur Sumatera Barat.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah bekerja di lapangan dalam menjalankan program unggulan satu nagari satu event.

"Semoga penghargaan penilaian PPD ini tidak hanya terbaik di Provinsi saja tapi juga terbaik di tingkat nasional," kata dia.

Diketahui, pada penilaian PPD tahun lalu Pemkab Tanah Datar juga menjadi kabupaten terbaik satu di Provinsi Sumatera Barat dengan mengangkat inovasi Biaya Operasional Membajak Sawah Secara Gratis (Bombastis).

Dari capaian tersebut Kabupaten Tanah Datar menerima dana Bantuan Keuangan bersifat Khusus (BKK) senilai Rp17 Miliar dari Pemerintah Provinsi Sumbar di anggaran 2024.