Pemkot Pariaman sediakan delapan lokasi parkir selama libur lebaran

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman

Pemkot Pariaman sediakan delapan lokasi parkir selama libur lebaran

Personel Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Sumbar membantu pengendara memakirkan kendaraannya di salah satu objek wisata di daerah itu. Antara/HO-, Dishub Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menyediakan delapan lokasi parkir kendaraan selama penyelenggaraan 'Pariaman Barayo' guna menyukseskan pelaksanaan masa Libur Lebaran 2024 di daerah itu.

"Kami mengelola lahan parkir yang telah (ditetapkan melalui) SK wali kota," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi melalui Kepala UPTD Pengelolaan Perparkiran Kota Pariaman Reymond Chandra di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan Pemkot Pariaman membuka sembilan objek wisata selama pelaksanaan 'Pariaman Barayo' sehingga untuk menyukseskan kegiatan tersebut diperlukan lokasi parkir guna mempermudah pengunjung memakirkan kendaraannya.

Ia menyebutkan adapun lokasi parkir yang telah disediakan tersebut yaitu di pantai Desa Kampung Apar, Talao Pauh, Parkiran Jalan Nusantara, Tugu Asean Youth Center, Taman Anas Malik, Pantai Cermin, Pantai Kata, serta Pantai Sunur dan Binasi.

Ia menyampaikan lokasi parkir di Pantai Gandoriah dipakai oleh pedagang untuk kepentingan pariwisata sehingga pengendara dapat memakirkan kendaraannya di parkiran Jalan Nusantara dan Tugu Asean Youth.

Besaran tarif parkir yang diminta kepada pemilik kendaraan sebagai retribusi daerah bervariasi tergantung dari jenis kendaraannya.

Untuk kendaraan roda dua pada hari biasa diminta Rp3 ribu namun pada saat libur lebaran menjadi Rp5 ribu per unit. Untuk roda empat pada hari biasa Rp5 ribu menjadi Rp10 ribu per unit pada libur lebaran. Lalu untuk bus pariwisata saat hari biasa Rp15 ribu dan saat libur lebaran menjadi Rp20 ribu per unit.

Selain dari delapan lokasi parkir yang disediakan tersebut, lanjutnya pengendara juga dapat memakirkan kendaraannya di lokasi yang disediakan oleh masyarakat setempat.

Lokasi parkir yang disediakan oleh masyarakat tersebut biasanya bekerja sama dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kota Pariaman yang kontribusinya terhadap daerah yaitu pembayaran pajak parkir.

Namun ia berharap pengelola parkir tersebut menyesuaikan atau tidak melebihi tarif parkir yang telah diputuskan oleh pemerintah setempat.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mempersiapkan kegiatan wisata Pariaman Barayo yang dilaksanakan mulai dari 11 sampai 21 April guna menyambut wisatawan pada Libur Lebaran 2024.

"Kami telah melaksanakan rapat dengan berbagai pihak di Pariaman untuk persiapan Pariaman Barayo. Bisa dikatakan persiapan sudah 80 persen," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman.

Ia mengatakan dalam rapat persiapan pelaksanaan Pariaman Barayo tersebut telah dibagi tugas untuk masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di Pariaman dan bahkan TNI dan Polri ikut serta di dalamnya.