Strategi Bupati Pesisir Selatan redam gejolak harga pangan

id Bupati Pesisir Selatan ,berita pessel,berita sumbar,bulog

Strategi Bupati Pesisir Selatan redam gejolak harga pangan

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar. (ANTARA/Teddy Setiawan)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat Rusma Yul Amwar menyampaikan bakal mengambil kebijakan lebih lanjut jika gejolak harga bahan pangan, utamanya utamanya beras kian tidak terkendali.

Pemerintah kabupaten bakal melakukan upaya intervensi harga, sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga dalam memenuhi kebutuhan pokoknya, apalagi saat menjalani ibadah puasa. Langkah itu sekaligus sebagai mitigasi terganggunya Kamtibmas.

"Ini penting, karana banyak dampak ikutannya jika pemerintah tidak hadir di situ," ungkap bupati di jelang pemantauan harga dan stok bahan pangan di Pasar Inpres Painan, Selasa, (5/03).

Pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan bakal diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan sejumlah pejabat eselon II dan III di lingkup Kabupaten Pesisir Selatan.

Setelah itu bupati beserta rombongan menuju gudang Bulog Divre II Sumatera Barat di Sago Kecamatan IV Jurai terkait ketersediaan beras dan memastikan terwujudnya keamanan pangan di daerah itu.

Bupati melanjutkan informasi ketersediaan bahan pangan, utamanya beras yang cukup bakal mempengaruhi psikologi konsumen, sehingga tidak berbelanja secara berlebihan yang akhirnya memicu kenakan harga.

Berdasarkan pantauan harga bahan pokok pada Senin, 4 Maret di pasar Inpres Painan untuk beras medium jenis IR 42 terpantau Rp16 ribu per Kilogram.

Banang sehalai berkisar antara Rp16 ribu per Kilogram hingga Rp17.000 per Kilogram. Begitu juga dengan beras jenis anak daro di rentang Rp16.500 per Kilogram sampai Rp17.000 per Kilogram.

Untuk kelas premium jenis Sokan Kubang Bayang Rp17.000 per Kilogram-Rp17.500 per Kilogram. Kemudian Cisokan Rp19.000 per Kilogram-Rp19.500 per Kilogram dan beras SPHP Rp11.500 per Kilogram.

Sementara untuk komoditas cabai merah terpantau sebesar Rp70.000 per Kilogram. Cabai rawit hijau Rp70.000 per Kilogram dan bawang merah Rp36.000 per Kilogram.

Daging sapi paha belakang Rp140 per Kilogram. Kemudian untuk paha depan dan sandung lanjut masing-masing juga tercatat Rp140.000 per Kilogram.

Sedangkan daging ayam ras Rp48.000 per Kilogram. Daging ayam buras berada di kisaran Rp32.000 per Kilogram hingga Rp30.000 per Kilogram.