Bunga rafflesia mekar di Palupuh Agam dikunjungi puluhan wisata mancanegara

id Bunga rafflesia agam,Berita agam,Berita sumbar

Bunga rafflesia mekar di Palupuh Agam dikunjungi puluhan wisata mancanegara

Wisatawan mancanegara negara sedang berada di bunga rafflesia Arnoldii. Dok HO/Joni Hartono

Lubukbasung (ANTARA) - Bunga rafflesia Arnoldii yang mekar di Batang Palupuh, Nagari atau Desa Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dikunjungi sekitar puluhan wisatawan mancanegara dari Eropa.

Pegiat Wisata Batang Palupuh Joni Hartono di Lubuk Basung, Jumat, mengatakan wisatawan tersebut berasal dari Jerman, Perancis Belanda, Polandia, Swiss dan Eropa Timur lainnya.

"Pengunjung pada umumnya berasal dari wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal tidak begitu banyak," katanya.

Ia mengatakan kehadiran wisatawan mancanegara itu setelah pihaknya mempromosikan bunga rafflesia melalui hotel, biro travel dan lainnya.

Bunga rafflesia tersebut mekar beberapa hari lalu dan saat ini kondisi sudah mulai menghitam atau layur.

Selama awal tahun ini sudah ada delapan individu bunga rafflesia mekar sempurna di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, hutan lindung, kebun warga dan di halaman rumah orang tuanya.

Bunga rafflesia yang bakal mekar masih ada dua individu lagi di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh dan mekar dalam beberapa hari kedepan.

"Knop sudah memancarkan warna merah maron dan beberapa hari kedepan sudah mekar sempurna," katanya.

Ia mengakui lokasi tersebut masih ada puluhan knop bunga rafflesia di empat lokasi tersebut dan hampir setiap bulan bunga itu mekar.

"Keberadaan bunga rafflesia itu menjadi daya tarik pengunjung, karena termasuk tanaman langka dan tidak semua daerah tumbuh bunga tersebut," katanya.