Pemkab Pasaman Barat tebar 10 ribu benih ikan nila di sungai

id Penebaran benih ikan

Pemkab Pasaman Barat tebar 10 ribu benih ikan nila di sungai

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto saat menebarkan benih ikan di sungai Batang Gunung, Jorong Batang Gunung, Kecamatan Lembah Melintang, Kamis (22/2/2024). ANTARA/HO-Diskominfo Pasaman Barat

Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, menebarkan 10 ribu benih ikan nila di Sungai Batang Gunung, Jorong Batang Gunung, Kecamatan Lembah Melintang, dalam upaya menjaga ekosistem sungai di daerah itu.

"Penebaran ikan hari ini kita dilakukan sebagai upaya dalam melestarikan ekosistem sungai atau perairan umum. Dengan harapan dapat memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat serta dapat meningkatkan kelestarian perairan umum," kata Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto di Simpang Empat, Sumbar, Kamis.

Ia menilai kegiatan itu sangat penting dilakukan untuk pelestarian sungai dan pemanfaatan perairan umum.

Ia menjelaskan beberapa program pemkab di bidang perikanan salah satunya adalah bantuan bibit ikan, sebagai upaya meningkatkan perekonomian serta dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Menurutnya, kondisi alam sungai harus dijaga. Melalui sungai atau perairan masyarakat bisa mendapatkan nilai ekonomis.

Semakin lama pertumbuhan penduduk semakin bertambah dan kebutuhan masyarakat pun semakin meningkat.

Oleh sebab itu, katanya, pemkab memberikan bantuan bibit dengan harapan dapat bermanfaat bagi masyarakat baik untuk konsumsi maupun peningkatan ekonomi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Zulfi Agus menyampaikan bahwa Pemkab Pasaman Barat menyerahkan bantuan kepada Kejorongan Batang Gunung berupa 10.000 ekor ikan nila yang ditebarkan di Batang Gunung.

Ia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan usulan dari masyarakat Kejorongan Batang Gunung, Kecamatan Lembah Melintang.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai dan menangkap ikan dengan cara yang dapat merusak ekosistem perairan seperti menggunakan racun, karena dapat membahayakan ikan-ikan di perairan Batang Gunung.

"Ke depan akan ditetapkan peraturan nagari tentang melindungi perairan umum dan tahun ini juga dapat diusulkan rancangan peraturan daerah terkait pengelolaan perairan umum di seluruh Pasaman Barat dengan harapan seluruh sungai bisa terjaga kelestariannya," harapnya.

Tokoh masyarakat Batang Gunung Jorong Batang Gunung Jumalis mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Pasaman Barat yang telah memberikan bantuan bibit ikan.

Ia berharap perairan Batang Gunung menjadi lebih bersih dan masyarakat pun bisa menjaga kelestarian sungai.