Lima individu bunga rafflesia mekar sempurna di Agam selama Januari 2024

id bunga rafflesia,Berita agam,Berita sumbar

Lima individu bunga rafflesia mekar sempurna di Agam selama Januari 2024

Bunga rafflesia Arnoldii mekar sempurna di Batang Palupuh, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Dok Joni Hartono

Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak lima individu bunga rafflesia jenis Arnoldii mekar sempurna di Batang Palupuh, Nagari atau Desa Koto Rantang, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatera Barat selama 1-27 Januari 2024.

Pegiat Wisata Palupuh Joni Hartono di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan lima individu bunga rafflesia itu mekar sempurna dengan jarak beberapa hari.

"Bunga rafflesia itu mekar secara bersamaan dengan jarak beberapa hari dan saat ini masih ada yang mekar," katanya.

Ia mengatakan, bunga tersebut berada di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, kawasan hutan lindung dan perkebunan masyarakat.

Saat ini, tambanya, masih ada sekitar 25 knop bunga rafflesia yang bakal mekar dalam beberapa minggu kedepan.

"Diperkirakan bunga rafflesia tersebut mekar dalam satu tahun ini dan 25 knop tersebut berada di empat lokasi," katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya juga ada satu individu bunga bangkai Amorphophallus titanum mekar sempurna di Batang Palupuh.

Pada tahun sebelumnya sekitar puluhan bunga rafflesia dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistimnya mekar di daerah itu.

"Saat bunga ini mekar banyak kunjungan dari wisatawan nusantara dan mancanegara yang berkunjung ke lokasi itu untuk melihat secara dekat," katanya.

Sementara Pengendali Ekosistim Hutan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ade Putra mengatakan bahwa Kabupaten Agam memiliki banyak kekayaan keanekaragaman hayati termasuk tumbuhan langka dan dilindungi.

Setidaknya tercatat 16 titik sebaran populasi bunga rafflesia dan delapan titik bunga bangkai di Agam.

"Ini tentu menjadi suatu kebanggaan yang dapat dipertahankan keberadaan dan kelesatariannya," katanya.