KPU Pasaman Barat terima surat suara untuk DPD RI

id KPU Pasaman Barat

KPU Pasaman Barat terima surat suara untuk DPD RI

Petugas dari KPU Pasaman Barat saat menurunkan surat suara dari mobil di gudang KPU setempat, Kamis (11/1/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat kembali menerima surat suara Pemilu 2024 untuk pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI setelah sebelumnya menerima surat suara untuk pemilihan DPRD kabupaten, DPRD provinsi, DPR RI dan untuk presiden wakil presiden.

"Hari ini surat suara untuk pemilihan DPD sudah datang sebanyak 303 kotak dan 13 kotak untuk alat bantu tuna netra," kata Koordinator Divisi Teknis penyelenggaraan KPU Kabupaten Pasaman Barat Syarif Hidayatullah di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan surat suara itu saat ini disimpan di gudang KPU bersama logistik lainnya yang telah duluan datang.

"Saat penurunan logistik itu dari mobil juga disaksikan oleh pihak Bawaslu, Polres Pasaman Barat dan dari TNI. Semuanya dalam keadaan tersegel," katanya.

Sedangkan surat suara lainnya untuk pemilihan presiden wakil presiden, DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten sebanyak 1.972 kotak sudah datang pada Rabu (10/1).

Dari data surat yang kita terima surat suara untuk pemilihan presiden wakil presiden sebanyak 152 kotak, surat suara DPR RI sebanyak 606 kotak, kabupaten dan DPRD provinsi sebanyak 606 kotak

Kemudian untuk surat suara DPRD kabupaten daerah pemilihan satu sebanyak 151 kotak daerah pemilihan dua sebanyak 86 kotak, daerah pemilihan tiga 151 kotak, daerah pemilihan empat 123 kotak dan untuk daerah pemilihan lima sebanyak 97 kotak.

Saat ini, katanya, pihaknya belum bisa memastikan berapa surat suara yang rusak atau kekurangan surat suara karena belum disortir dan dicermati.

Pihaknya akan segera melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang akan dilakukan di Balerong Pusako Anak Nagari atau di belakang rumah dinas Bupati Pasaman Barat.

"Kemungkinan Jumat (12/1) atau Sabtu (13/1) akan dimulai penyortiran dan pelipatan surat suara itu," katanya.

Pihaknya juga melibatkan masyarakat dalam pelipatan surat suara itu.

"Saat ini sudah ada 410 orang yang mendaftarkan diri untuk penyortiran dan pelipatan surat suara," sebutnya. ***2***