Pemkot Bukittinggi realisasikan Rp 8,2 Miliar bangun Jalan Lingkung dan Drainase

id Pemkot Bukittinggi,drainase bukittinggi,Berita bukittinggi,Berita sumbar

Pemkot Bukittinggi realisasikan Rp 8,2 Miliar bangun Jalan Lingkung dan Drainase

Kota Bukittinggi merealisasikan angaran Rp 8,2 Miliar untuk pembangunan jalan lingkung dan drainase bagi warga (Antara/Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat melalui Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) telah menyelesaikan pembangunan jalan lingkung dan drainase senilai Rp 8,2 Miliar selama 2023.

"Jalan sepanjang 4,1 kilometer dan pembangunan drainase sepanjang 2,4 kilometer. Pemkot Bukittinggi menggelontorkan dana sebesar Rp 8,2 miliar," kata Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Kamis.

Wako didampingi Kepala Dinas Perkim, Rahmat AE menyebutkan pembangunan itu dengan rincian pekerjaan jalan lingkungan menelan dana Rp 5,3 miliar dan drainase Rp 2,9 miliar.

"Ini untuk membantu kelancaran dan kenyamanan pemukiman warga, Pemkot Bukittinggi telah melaksanakan pembangunan jalan lingkungan dan drainase lingkungan yang dilaksanakan sepanjang tahun 2023 dan tersebar di seluruh kelurahan Kota Bukittinggi," kata Wako.

Ia mengungkap ada 23 ruas jalan lingkungan dengan total panjang 4.153,20 meter dan 23 titik drainase lingkungan dengan panjang keseluruhan 2.413 meter yang dikerjakan secara bertahap selama satu tahun terakhir.

"Untuk dua pekerjaan itu, tentunya berdampak positif pada kenyamanan masyarakat di pemukiman mereka," kata Wako.

Wako menambahkan selain program pengerjaan jalan lingkung dan drainase, pemerintah kota turut membangun fasilitas pendukung sanitasi bagi warga.

"Dalam mendukung program sanitasi berbasis lingkungan, Dinas Perkim juga membantu dalam pembangunan 43 unit jamban dan septic tank individu di Kota Bukittinggi dengan anggaran sebesar Rp 371 juta," pungkas Wako.